Gunung tertinggi di Eropa meletus

Sabtu, 07 Januari 2012 - 20:38 WIB
Gunung tertinggi di Eropa meletus
Gunung tertinggi di Eropa meletus
A A A
Sindonews.com - Gunung berapi tertinggi di Eropa atau gunung Etna, meletus pada Rabu 3 Januari 2012. Hingga kini, gunung yang terletak di pulau Sisilia, Italia itu masih memuntahkan abu vulkanik.

Saat pertama meletus, ketinggian abu vulkanik gunung itu mencapai 5000 meter di atas permukaan laut. Akibat letusan itu, beberapa penerbangan di bandara Catania dihentikan sampai waktu yang belum ditentukan.

Menurut ahli geologi dari Institut Geofisika dan Catania Vulkanologi, aliran lava gunung Etna mengalir dari kawah menuju bagian Tenggara puncak gunung. Muntahan lahar sepertinya akan mengalir ke wilayah Valle del Bove yang sudah tidak berpenghuni.

Letusan terparah gunung ini, terjadi pada 11 Maret 1669. Saat itu, letusan memuntahkan lahar dan menghancurkan 10 desa di sebelah Selatan sisi gunung. Lahar juga menyentuh kota Catania.

Lahar dari letusan sempat dialihkan lewat tembok penahan dan mengarahkan lahar menuju laut. Tetapi salah satu tembok jebol saat itu, dan membanjiri kota dengan lahar. Akibatnya, sekira 20 ribu warga dilaporkan tewas akibat kejadian tersebut. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3295 seconds (0.1#10.140)