Iran tantang Uni Eropa

Rabu, 04 Januari 2012 - 11:15 WIB
Iran tantang Uni Eropa
Iran tantang Uni Eropa
A A A
Sindonews.com - Iran rupanya tidak takut dengan ancaman ekonomi yang akan dijatuhkan oleh Uni Eropa terkait program nuklir yang sedang dikembangkannya.

Di tengah ancaman itu, Iran juga melontarkan ancaman terkait kapal induk Amerika Serikat yang terlihat memasuki daerah teluk.

"Iran tidak akan mengulangi ancamannya. Musuh telah memutar arah ke Laut Oman karena melihat pasukan kami sedang melakukan latihan militer," kata Kepala angkatan Laut Iran Attaollah Salehi seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/1/2012).

Sementara itu, Juru bicara Pentagon George Little mengelak dengan keberadaan kapal induknya. Menurutnya, pihak Pentagon tidak berniat meningkatkan kekuatan militer di Selat Hormus.

"Tidak ada seorang pun di pemerintahan yang mencoba meningkatkan ketegangan di Selat Hormuz. Sangat penting untuk menurunkan suhu ketegangan," ujar George.

Sejauh ini, sanksi ekonomi yang dijatuhkan Iran terkait program nuklir Iran telah membuat nilai tukar mata uangnya menurun sebanyak 40 persen terhadap dolar dalam kurun waktu sebulan terakhir.

Akibatnya, antrean pengunjung terlihat di bank Teheran dan kantor valuta asing untuk melakukan pembelian dolar. Mereka berniat melindungi tabungan mereka.

Di lain pihak negara anggota Uni Eropa dan Amerika Serikat melihat sanksi ekonomi yang diterapkan kepada Iran sangat efektif untuk menghentikan program nuklir negeri Persia ini.

Negara anggota Uni Eropa dalam minggu ini masih merumuskan langkah-langkah baru terhadap Iran. Pertemuan ini akan selesai 30 Januari 2012. Juru bicara Uni Eropa Michael Mann, mengutip ucapan Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Asthone, mengatakan "bola masih di tangan Iran".
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2673 seconds (0.1#10.140)