Serangan udara Turki tewaskan puluhan warga

Kamis, 29 Desember 2011 - 20:38 WIB
Serangan udara Turki tewaskan puluhan warga
Serangan udara Turki tewaskan puluhan warga
A A A
Sindonews - Serangan udara yang dilakukan oleh pesawat tempur Turki setidaknya telah menewaskan puluhan orang dari Desa Ortasu.

Serangan ini terjadi pada Kamis (29/12/2011), di perbatasan Irak. Ketika para penyelundup yang sedang melintasi melewati wilayah perbatasan mereka disangka kelompok militan oleh pesawat tempur Turki, menurut seorang pejabat Kurdi.

Bahkan Pejabat provinsi setempat menemukan puluhan mayat di Desa Ortasu, Provinsi Simak, kata Ertan Eris, seorang anggota dewan lokal dari Perdamaian pro-Kurdi dan Partai Demokrasi (BPD).

Sumber keamanan setempat mengatakan, mereka yang tewas adalah penyelundup gas dan gula ke Turki dari utara Irak dan mungkin pihak militer mengira meraka adalah pemberontak dari Partai Perkerja Kurdistan.

Eris mengatakan kepada Pro-Kurdish Roj TV, korban pemboman mungkin akan bertambah karena diperkirakan para penyelundup berjumlah sekitar 40 orang, di antaranya berusia 16-20 tahun yang terlibat dalam aksi penyelundupan. Kondisi medan yang kasar dan bersalju akan menyulitkan proses pencarian korban.

Bahkan Kantor Berita Pro-Kurdish Firat melaporkan 35 warga desa, termasuk anak-anak tewas dalam serangan. Kantor berita ini juga merilis foto-foto yang menunjukkan tubuh korban yang terbungkus selimut dan berbaring di atas salju.

Kejadian tersebut dibenarkan Gubenur Sirnak, Vahdettin Ozkan. Dia mengatakan penyelidikan sedang berlangsung dan insiden ini telah memakan korban lebih dari 40 orang tewas.

"Sebuah pusat krisis telah dibentuk di lokasi kejadian, jaksa dan petugas keamanan telah di kirim menuju lokasi kejadian," kata Ozkan seperti di kutip AFP. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6028 seconds (0.1#10.140)