Protes pemerintah, warga Suriah gelar aksi damai

Rabu, 28 Desember 2011 - 19:01 WIB
Protes pemerintah, warga Suriah gelar aksi damai
Protes pemerintah, warga Suriah gelar aksi damai
A A A
Sindonews.com - Puluhan ribu demonstran penentang kepemimpinan Presiden Assad memadati ibu kota Homs, Suriah, Selasa (28/12/2011). Warga mendukung Liga Arab utuk memegang kendali keamanan di Suriah.

Para pengunjuk rasa menjalankan aksi demo dengan damai tanpa senjata menuntut berakhirnya aksi kekerasan yang dilakukan oleh pemerintah sejak sembilan bulan yang lalu.

Menurut laporan para pengamat HAM dari kunjungannya ke kota Homs, puluhan ribu pengunjuk rasa berkumpul untuk mengungkapkan kejahatan yang dilakukan oleh rezim presiden Assad.

Bahkan seorang aktivis oposisi, Mohammed Saleh, melaporkan sekira 70 ribu pengunjuk rasa mencoba memasuki Square Jam namun tempat itu telah dikuasai oleh pasukan pemerintah. Mereka didorong mundur dengan tembakkan gas air mata dan peluru.

Walaupun pemerintah telah membuat kesepakatan dengan Liga Arab namun tank-tank pemerintah masih menembaki distrik Baba Amr. Warga setempat dan para aktivis mengatakan puluhan orang telah terbunuh di daerah tersebut.

Bahkan kelompok oposisi pemerintahan Presiden Assad, menginginkan agar Presiden Assad mundur dan menarik mundur tank-tank tentaranya.

Warga mendukung tim monitoring Liga Arab untuk masuk ke jantung pemerintahan kota Suriah. Penarikan mundur tank-tank dari kota sesuai dengan rencana kesepakatan Liga Arab.

“Pemerintah Suriah nampaknya hanya bekerjasama secara simbolis dengan Liga arab dan benar-benar memojokan pihak Liga Arab,” kata seorang pakar Timur Tengah di Institut Studi Internasional Monterey di California, Bilal Saab. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5458 seconds (0.1#10.140)