Perompak Somalia bajak kapal kargo Italia

Rabu, 28 Desember 2011 - 17:34 WIB
Perompak Somalia bajak kapal kargo Italia
Perompak Somalia bajak kapal kargo Italia
A A A
Sindonews.com - Perompak Somalia kembali berulah. Sebuah kapal kargo asal Italia dibajak sekelompok perompak, di lepas pantai Oman. Menurut pejabat setempat, kapal yang membawa awak sebanyak 18 orang itu sedianya mengirim barang ke India.

Kru kapal itu terdiri dari, tujuh orang India, enam orang Italia dan lima lagi dari Ukraina. Dikabarkan, pembajakan terjadi ketika kapal sedang berlayar menuju pantai Somalia dan aksi dilancarkan ketika kapal berada di lepas pantai.

Angkatan Laut Eropa mengungkapkan 2011 ini tingkat pembajakan sebenarnya mengalami penurunan. Tahun ini, dilaporkan terjadi 12 kali aksi pembajakan di Somalia, tahun sebelumnya terjadi 35 kali. Menurunnya, kasus pembajakan turun berkat pengawalan bersenjata di atas kapal yang ditingkatkan.

Saat ini, setidaknya masih ada 200 orang yang menjadi sandera pemberontak di Somalia. Menurut Direktorat Jenderal Kelautan India, mereka yang disandera berada dalam kapal kargo yang mengangkut soda kaustik dari Iran menuju Turki.

“Pemimpin kapal telah melaporkan kejadian ini kepada pemilik kapal, bahwa kapalnya sedang dibajak di Somalia. Sampai saat ini dilaporkan tidak ada kru yang mengalami cedera,” kata Dirjen Kelautan India seperti yang dilaporkan BBC, Rabu (28/12/2011). Dari 200 itu, 43 awak berasal dari India. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5142 seconds (0.1#10.140)