China temukan produk susu beracun

Senin, 26 Desember 2011 - 15:44 WIB
China temukan produk susu beracun
China temukan produk susu beracun
A A A
Sindonews.com - Pemerintah China menemukan produk susu olahan mengandung racun dalam jumlah berlebihan yang mampu memicu terjadinya serangan kanker.

Dalam sebuah pernyataannya, produsen susu lokal Mengniu mengatakan, berdasarkan hasil uji coba makanan yang dilakukan bagian pengawas kualitas pangan pemerintah China, produk susu yang mereka hasilkan mengandung jamur.

Seperti dikutip Associated Press, pada Minggu 25 Desember 2011, ditemukan adanya aktivitas jamur dalam produk susu yang mengandung tingginya aflatoksin. Menurut WHO, aflatoksin dapat ditemukan dalam susu, yang pakan sapinya terkontaminasi oleh jamur. Aflatoksin dipercaya mampu meningkatkan resiko kanker, termaksud kanker hati.

Produsen susu yang berlokasi di Provinsi Barat Daya Sichuan ini mengklaim, telah melakukan proses pengecekan sebelum melemparkan produk susu mereka ke pasaran, susu yang terkontaminasi tidak pernah menjangkau pasar.

Untuk mengembalikan tingkat kepercayaan konsumen terhadap standar keamanan produk di China, pemerintah China mencoba menindak tegas skandal yang dilakukan oleh perusahaan Mengniu.

Sebelumnya, pada tahun 2008, pusat badan pengawasan China juga telah melaporkan temuan produk susu olahan yang terkontaminasi bahan melamin dalam jumlah yang tinggi. Penambahan ini bertujuan untuk meningkatkan kadar tampilan protein dalam susu.

Dalam skandal tersebut setidaknya dilaporkan enam bayi tewas, dan 300 ribu lainnya jatuh sakit setelah meminum susu yang mengandung melamin. Masalah yang menyangkut keamanan produk sering kali ditemukan di China, mulai dari produk obat-obatan hingga produk olahan seperti minyak goreng yang diduga mengandung sisi limbah selokan.

Pihak produsen susu Mengniu mengatakan pihaknya telah menghancurkan produk susu yang terkontaminasi dan meminta maaf kepada pihak konsumen yang dirugikan. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6439 seconds (0.1#10.140)