Indonesia-Vanuatu buat payung perjanjian kerjasama

Selasa, 20 Desember 2011 - 19:49 WIB
Indonesia-Vanuatu buat payung perjanjian kerjasama
Indonesia-Vanuatu buat payung perjanjian kerjasama
A A A
Sindonews.com - Indonesia terus menjalin hubungan kerjasama dengan negara luar. Vanuatu, salah satu negara yang digandeng oleh Indonesia dalam meningkatkan perubahan bagi kedua negara. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Agreement Between the Republic of Indonesia and the Republic of Vanuatu on the Framework for Development Cooperation/Development Cooperation Agreement (DCA).

Penandatanganan, dari Indonesia diwakili oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa. Sementara, Vanuatu diwakili oleh Menlunya, Y.M. Alfred Carlot. Kerjasama kedua negara ini diharapkan sebagai awal kerjasama berikutnya kedua belah pihak.

"Dengan adanya DCA ini kedepannya diharapkan kerjasama antara Indonesia dan Vanuatu akan terus berkembang dan semakin kuat," ujar Marty di sela-sela acara penandatangan kerjasama kedua negara, di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia, Jakarta, Selasa (20/12/2011).

Dia juga mengharapkan, penandatanganan bersama kedua negara menjadi rujukan dalam kerjasama berikutnya. Selama ini, hubungan kerjasama Indonesia-Vanuatu belum memiliki payung perjanjian.

Seusai acara penandatanganan bersama, Marty kembali menyampaikan beberapa sektor sasaran hubungan kerjasama kedua negara. Disebutkan, mulai dari sektor pertanian, kelautan dan perikanan, kehutanan, pendidikan, perdagangan, serta investasi.

Kerjasama juga di sektor, pariwisata, transportasi, termasuk teknologi hingga sektor keamanan yang melibatkan institusi kepolisian masing-masing. Bahkan, kata Marty kerjasama merambah pada organisasi internasional terkait isu-isu pembangunan serta peningkatan hubungan antar masyarakat.

"Sebelumnya Indonesia dan Vanuatu telah memiliki kerangka resmi seperti kerjasama kepolisian pada tahun 2009," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Alfred menyampaikan perhatiannya terhadap dua daerah provinsi di Indonesia, yaitu Papua dan Papua Barat. Ketika dikonfirmasi para wartawan mengenai dua daerah ini, dia mengatakan memiliki beberapa kesamaan. Bahkan, Indonesia sebagai negara majemuk juga memiliki kesamaan dengan Vanuatu.

"Kami mendukung keutuhan wilayah Indonesia, dan pemberian otonomi bagi Papua dan Papua Barat," tandasnya.

Sebelum diadakan penandatanggaan kerjasama, Indonesia maupun Vanuatu telah saling bercerita dan bertukar informasi tentang perkembangan proses demokrasi di negara masing-masing.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2720 seconds (0.1#10.140)