alexametrics

Irak Punya Ribuan Kasus Corona yang Tak Diumumkan ke Publik

loading...
A+ A-
BAGHDAD - Irak memiliki ribuan kasus positif virus corona (Covid-19) yang tak diumumkan ke publik. Jumlah yang tak diumumkan itu lebih banyak dibandingkan 772 kasus yang dirilis pemerintah.

Informasi ini berdasarkan keterangan sumber tiga dokter, satu pejabat Kementerian Kesehatan dan satu pejabat senior yang terlibat dalam proses tes virus corona.

Semua sumber itu berbicara secara anonym. Otoritas Irak telah memerintahkan staf medis tidak berbicara ke media.



Kementerian Kesehatan Irak saat ini menjadi satu-satunya sumber informasi untuk virus corona. Pihak kementerian menolak pernyataan sejumlah sumber itu.

“Itu informasi yang tidak benar,” kata Saif al-Badr, juru bicara Kementerian Kesehatan dalam pesan SMS pada Reuters tanpa memberi penjelasan lebih lanjut.

Kementerian Kesehatan menyatakan total kasus yang dikonfirmasi di Irak sebanyak 772, dengan 52 orang meninggal dunia.

Namun tiga dokter yang bekerja di tim farmasi yang membantu tes corona di Baghdad menyatakan kasus yang dikonfirmasi antara 3.000 dan 9.000. Meski demikian, setiap sumber memberikan perkiraan dalam jumlah yang berbeda.

Pejabat Irak yang menghadiri rapat dengan Kementerian Kesehatan juga menyatakan ada ribuan kasus positif corona di negara itu.

Sistem layanan kesehatan Irak mengalami keterbatasan kemampuan akibat berbagai sanksi selama puluhan tahun, perang dan kebijakan yang tak menguntungkan. Kondisi layanan kesehatan menjadi salah satu isu yang memicu unjuk rasa di negara tersebut.
(sfn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top