Tekan Penyebaran Virus Corona, PM Inggris Perintahkan Semua Restoran Ditutup

Sabtu, 21 Maret 2020 - 04:34 WIB
Tekan Penyebaran Virus Corona, PM Inggris Perintahkan Semua Restoran Ditutup
Tekan Penyebaran Virus Corona, PM Inggris Perintahkan Semua Restoran Ditutup
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, memerintahkan semua kafe, pub, restoran, gimnasium dan tempat-tempat serupa di seluruh Inggris untuk ditutup mulai Jumat malam. Menurut Johnson sangat penting untuk mengambil langkah-langkah lebih tegas untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19.

Pada sebuah konferensi pers di Downing Street, Johnson mengucapkan terima kasih kepada mereka karena menanggapi desakan untuk menjauh dari tempat-tempat tersebut pada minggu ini. Namun, ia mengatakan bahwa waktunya telah tiba untuk tindakan lebih lanjut.

"Kecepatan pemulihan akhirnya tergantung sepenuhnya pada kemampuan kolektif kita untuk mengatasi virus sekarang dan itu berarti kita harus mengambil langkah selanjutnya berdasarkan saran ilmiah," katanya.

“Dan mengikuti rencana kami, kami memperkuat langkah-langkah yang diumumkan pada hari Senin," imbuhnya.

"Kita sekarang perlu menekan kurva transmisi di antara kita," tambah Johnson seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (21/3/2020).

Ia mengakui kebijakan itu akan menjadi "kunci pas" bagi warga Inggris namun "memilukan" untuk sebuah bisnis.

"Dengan persetujuan dari tiga pemerintah yang didevolusikan, kami memberi tahu - mengatakan - kafe, pub, bar dan restoran tutup malam ini, secepat mungkin, dan tidak buka besok. Mereka akan diizinkan untuk menjual makanan dan minuman yang bisa dibawa pulang," ujar Johnson.

Instruksi yang sama juga diberikan kepada klub malam, teater, bioskop, pusat kebugaran, dan pusat hiburan. Langkah-langkah sosial jarak baru akan ditinjau setiap bulan untuk melihat apakah ada yang dilonggarkan.

Johnson mendesak warga Inggris untuk tidak memutuskan keluar terakhir kali pada hari Jumat.

"Tolong jangan. Anda mungkin berpikir Anda tidak terkalahkan, tetapi tidak ada jaminan Anda akan mengalami gejala ringan, dan Anda masih bisa menjadi pembawa penyakit dan menularkannya kepada orang lain," imbauhnya

Menjawab pertanyaan, Johnson menegaskan bahwa jika perlu pemerintah akan menegakkan aturan penutupan.

"Pada kenyataannya saya pikir semua orang dapat melihat keharusan untuk melakukan apa yang diperlukan," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7294 seconds (0.1#10.140)