Rouhani Serukan Kerjasama Global Perangi Virus Corona

Minggu, 15 Maret 2020 - 18:58 WIB
Rouhani Serukan Kerjasama...
Rouhani Serukan Kerjasama Global Perangi Virus Corona
A A A
TEHERAN -

Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, perang melawan virus Corona baru, Covid-19 memerlukan penguatan langkah-langkah regional dan internasional. Dia menuturkan, diperlukan langkah bersama dan terkoordinasi, mengadopsi strategi serius, dan mempertahankan biaya medis dan perawatan yang besar.

"Virus ini tidak mengenal batas dan mengklaim korban tanpa pertimbangan politik, agama, etnis, dan ras," kata Rouhani dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir PressTV pada Minggu (15/3/2020).

Rouhani menuturkan, tidak seperti banyak negara yang terinfeksi virus Corona, Iran dihadapkan dengan hambatan dan pembatasan serius yang berasal dari dua tahun sanksi yang luas dan ilegal, kampanye tekanan maksimum serta tindakan sabotase sistematis oleh pemerintah Amerika Serikat (AS).

Dia mencatat bahwa sementara pemerintah AS tidak berhenti memberikan tekanan ilegal pada Iran, bahkan setelah wabah Covid-19, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dengan berani mendesak negara-negara untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Teheran hanya jika tuntutan Washington dipenuhi.

"Tidak mungkin bagi negara mana pun untuk menangani krisis berbahaya dengan sendirinya apalagi negara yang memiliki banyak masalah dalam memiliki akses ke pasar keuangan internasional dan memasok komoditas yang diperlukan," ucapnya.

Pemimpin Iran itu mengatakan, perang melawan virus Corona adalah tugas internasional dan meminta para pemimpin dunia untuk mengadopsi strategi dalam kerangka Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231 untuk menggagalkan sanksi ilegal AS terhadap rakyat Iran dan melawan terorisme ekonomi Washington.

"Sudah saatnya komunitas internasional menentang penindasan AS yang melawan hukum dan tidak manusiawi dan tidak membiarkan sanksi AS yang kejam terhadap Iran mempengaruhi pertempuran melawan virusnya yang fatal," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4772 seconds (0.1#10.140)