Xanana Gusmao Kembali Jadi PM Timor Leste

Selasa, 10 Maret 2020 - 15:14 WIB
Xanana Gusmao Kembali...
Xanana Gusmao Kembali Jadi PM Timor Leste
A A A
DILI - Pahlawan kemerdekaan Timor Leste, Xanana Gusmao, kembali terpilih jadi Perdana Menteri (PM) Timor Leste dalam pemerintahan koalisi enam partai. Hal itu telah disampaikan juru bicara koalisi kepada Presiden Francesco Guterres dalam sebuah surat, Selasa (10/3/2020).

Presiden pertama dan mantan perdana menteri Timor Leste itu bulan lalu mengumumkan ia telah membentuk koalisi baru yang mengendalikan 34 dari 65 kursi parlemen. Ia pun mengatakan ia bersiap untuk membentuk pemerintahan baru seperti dilansir dari Al Jazeera.

Negara kecil di Asia Tenggara itu menghadapi ketidakstabilan politik sejak jatuhnya sebuah koalisi yang mendukung Perdana Menteri Taur Matan Ruak. Ketegangan telah memuncak dalam demokrasi yang baru lahir atas ketimpangan pendapatan dan pengangguran yang tinggi.

Gusmao (73) memimpin sayap militer Front Revolusioner untuk Timor Timur Merdeka, yang berperang melawan pemerintah Indonesia.

Ia sempat dipenjara di Jakarta, namun tetap terus memimpin perjuangan untuk kemerdekaan Timor Leste dari balik jeruji besi.

Setelah warga Timor Leste memilih merdeka dalam referendum yang didukung PBB pada tahun 1999, Gusmao kembali ke tanah airnya sebagai pahlawan dan terpilih sebagai presiden pertama negara itu pada tahun 2002. Ia kemudian menjabat sebagai perdana menteri dari tahun 2007 hingga mengundurkan diri pada Februari 2015.

Timor Leste adalah salah satu negara termiskin di dunia. Ketika memilih merdeka dari Indonesia pada tahun 1999, lebih dari 80 persen infrastruktur negara itu telah hancur.

Negara ini merdeka sepenuhnya pada tahun 2002 setelah tiga tahun pemerintahan PBB dan tetap sangat bergantung pada minyak serta gas, yang menyumbang 78 persen dari APBN 2017.

Selain minyak, pertanian, dan kopi adalah sektor-sektor utama ekonomi negara itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7374 seconds (0.1#10.140)