Tenggak Alkohol agar Kebal Virus Corona, 7 Warga Iran Malah Tewas

Senin, 09 Maret 2020 - 16:04 WIB
Tenggak Alkohol agar Kebal Virus Corona, 7 Warga Iran Malah Tewas
Tenggak Alkohol agar Kebal Virus Corona, 7 Warga Iran Malah Tewas
A A A
TEHERAN - Setidaknya tujuh warga Iran tewas di sebuah kota di selatan negara tersebut setelah menenggak alkohol industri. Mereka salah mengira bahwa mengonsumsi alkohol akan membuat tubuh mereka kebal terhadap virus corona baru, COVID-19 .

Wakil Kepala Jaksa di Kota Avhaz, Ali Beiranvand, mengatakan ada 48 orang yang keracunan akibat mengonsumsi alkohol. Beberapa dari mereka menjadi buta.

"Mengingat tingginya jumlah orang yang keracunan karena konsumsi alkohol industri, jumlah kematian dapat meningkat," ujarnya, seperti dikutip Financial Times, Senin (9/3/2020).

Minuman beralkohol haram atau dilarang di Republik Islam Irak meskipun minuman seperti itu hanya tersedia di pasar gelap dengan harga tinggi. (Baca: Ini Alasan Iran Menumpuk Banyak Mayat Korban Virus Corona )

Dalam beberapa minggu terakhir ketika para dokter mendorong desinfeksi tangan dengan alkohol, beberapa orang Iran telah mengembangkan asumsi bahwa minum alkohol bisa melindungi mereka dari infeksi COVID-19 . Asumsi yang keliru itu membuat mereka bergegas membeli alkohol industri dan medis yang tersedia di supermarket dan apotek.

Kepala Rumah Sakit Loghman di Teheran, Shahin Shadnia, juga mengatakan pada hari Sabtu bahwa jumlah pasien yang mengonsumsi alkohol metanol telah meningkat dan menyebabkan kematian. Dia tidak memberikan angka apa pun terkait jumlah kematian.

COVID-19 , virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China, telah menewaskan 194 orang di Iran dengan jumlah orang yang terinfeksi mencapai 6.566. Wabah ini juga menyebabkan sejumlah situs suci di Qom disterilkan dan membuat pelaksanaan salat Jumat di beberapa masjid dibatalkan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6425 seconds (0.1#10.140)