Paus Fransiskus Berjanji Bantu Argentina Atasi Krisis Utang

Sabtu, 01 Februari 2020 - 02:02 WIB
Paus Fransiskus Berjanji Bantu Argentina Atasi Krisis Utang
Paus Fransiskus Berjanji Bantu Argentina Atasi Krisis Utang
A A A
VATIKAN - Presiden Argentina Alberto Fernandez menyatakan Paus Franciskus berjanji padanya untuk melakukan segala yang dia bisa demi membantu atasi krisis utang di negara asalnya.

Fernandez yang dilantik pada bulan lalu bertemu Paus secara pribadi selama 45 menit di perpustakaan kepausan.

"Paus membantu kita banyak dan saya apresiasi itu karena dia seorang warga Argentina yang khawatir dengan tanah airnya. Paus akan melakukan segala yang dia bisa untuk membantu kita," papar Fernandez.

Presiden dari sayap kiri-tengah itu berjanji menjembatani perpecahan sosial dan menerapkan sistem kredit bunga rendah untuk mendorong permintaan domestik serta meningkatkan belanja untuk mengatasi kelaparan dan kemiskinan.

Pemerintahannya menyatakan perlu restrukturisasi utang sebesar USD100 miliar dengna para kreditornya, termasuk Dana Moneter Internasional (IMF), di tengah resesi dan inflasi lebih dari 50%.

Pekan depan, Managing Director IMF Kristalina Georgieva dan Menteri Ekonomi Argentina Martin Guzman akan bertemu membahas utang di sela konferensi di Vatikan.

Vatikan menyatakan Fernandez dan Paus telah membahas krisis ekonomi, kemiskinan, korupsi dan perdagangan narkoba.

Fernandez banyak menerapkan ide-ide Paus tentang keadilan sosial dan mengutip pernyataan Paus berulang kali dalam pidato pelantikannya bulan lalu.

Dalam pertemuan publik, Paus Fransiskus meminta dia menjadi penyampai perdamaian di tanah airnya.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3023 seconds (0.1#10.140)