KBRI Beijing: Belum Ada WNI Terjangkit Virus Wuhan

Rabu, 22 Januari 2020 - 17:28 WIB
KBRI Beijing: Belum Ada WNI Terjangkit Virus Wuhan
KBRI Beijing: Belum Ada WNI Terjangkit Virus Wuhan
A A A
BEIJING - Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Beijing, China mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendeteksi ada warga negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus Wuhan. Jenis baru dari coronavirus atau virus corona itu telah menyebabkan sembilan warga China meninggal.

"Sejauh ini berdasarkan pemantauan KBRI Beijing, tidak terdapat masyarakat Indonesia yang terjangkit penyakit pneumonia dimaksud, baik di Wuhan maupun di daerah lainnya," ucapnya dalam sebuah pernyataan pada Rabu (22/1/2020).

KBRI, dalam pernyataanya kemudian mengatakan, sesuai dengan imbauan Kementerian Kesehatan Indonesia, seluruh WNI yang berada di wilayah China diminta untuk mengikuti sejumlah langkah. Langkah pertama, untuk WNI yang berada di Wuhan atau sedang melakukan perjalanan ke Wuhan, agar selalu memperhatikan kondisi kesehatannya dan segera melakukan konsultasi medis apabila merasa tidak sehat dan menunjukkan gejala-gejala demam, batuk dan sulit bernafas.

"Menghindari kontak dengan hewan hidup, termasuk unggas dan burung, dan menghindari konsumsi daging mentah dan kurang matang. Menghindari berkunjung ke pasar Ikan makanan laut atau tempat penjualan hewan hidup," ucapnya.

"Menghindari untuk berinteraksi dengan orang dengan gejala demam, batuk, dan sukar bernafas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama dengan pneumonia. Selalu menjaga higienitas seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker apabila sedang batuk dan pilek, dan menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin," sambungnya.

Untuk yang membutuhkan bantuan, KBRI Beijing menuturkan para WNI bisa menghubungi pihaknya di 001-86-(10) 6532 5489 atau datang langsung ke kantor KBRI Beijing.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5602 seconds (0.1#10.140)