KBRI Manila Mulai Evakuasi WNI di Sekitar Gunung Taal

Selasa, 14 Januari 2020 - 17:42 WIB
KBRI Manila Mulai Evakuasi WNI di Sekitar Gunung Taal
KBRI Manila Mulai Evakuasi WNI di Sekitar Gunung Taal
A A A
JAKARTA - Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha mengatakan, Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Manila, Filipina sudah mulai melakukan evakuasi WNI yang tinggal di wilayah Cavite. Evakuasi ini terkait dengan erupsi gunung Taal.

"Tim Perlindungan WNI KBRI Manila telah membantu evakuasi para WNI menuju KBRI di Manila. Hingga sore hari ini, terdapat 84 WNI yang tinggal di KBRI Manila. Mereka terdiri dari para mahasiswa dan keluarga, serta WNI yang tertahan di Bandara Internasional Manila," ucap Judha pada Selasa (14/1/2020).

"Sebelumnya sudah ada 14 WNI yang meninggalkan KBRI dan 11 WNI strandded yang akan meninggalkan Manila malam ini. Gunung Taal masih berstatus level 4 (berpotensi letusan besar/berbahaya)," sambungnya.

Ketika disinggung apakah KBRI Manila akan mengevakuasi seluruh WNI yang tinggal di wilayah Cavite. Judha mengatakan, untuk sementara hanya WNI yang meminta evakuasi yang dibawa ke KBRI Manila.

"Daerah wajib evakuasi dalam radius 10 km dr Gunung Taal. Lokasi asrama mahasiswa berjarak 15 km. KBRI mengevakuasi bagi WNI yang memilih untuk dievakuasi ke KBRI," ungkapnya.

Sebelumnya diwartakan, sekolah-sekolah dan pertokoan di Manila, ditutup sejak kemarin saat debu vulkanik menyelimuti kota tersebut. Para seismologis memperingatkan letusan dapat terjadi kapan saja dan dapat memicu tsunami.

Ribuan orang diperintahkan meninggalkan rumahnya di sekitar Taal, salah satu gunung berapi terkecil dan aktif di dunia. Taal telah menyemburkan debu dan material selama dua hari berturut-turut dari kawahnya di tengah danau sekitar 70 km selatan pusat Manila.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6925 seconds (0.1#10.140)