Trump Kirim Ucapan Selamat Ulang Tahun pada Kim Jong-un

Jum'at, 10 Januari 2020 - 18:30 WIB
Trump Kirim Ucapan Selamat...
Trump Kirim Ucapan Selamat Ulang Tahun pada Kim Jong-un
A A A
SEOUL - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengirim pesan selamat ulang tahun pada Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Pernyataan itu diungkapkan Penasehat Keamanan Nasional Korea Selatan (Korsel) Chung Eui-yong. Chung yang bertemu Trump di Washington pekan ini menjelaskan, dia telah menyampaikan pesan itu ke Korut dan pesan dikirim pada Kamis (9/1).

"Hari kita bertemu adalah hari ulang tahun Kim Jong-un dan Presiden Trump mengingat ini dan meminta saya mengirim pesan itu," tutur Chung saat tiba kembali ke Korsel, dilansir Reuters.

Hari ulang tahun Kim diyakini pada 8 Januari meski rezim Korut tak pernah mengonfirmasi tanggal tersebut. Pemerintah AS mendata tahun kelahiran Kim adalah 1984 sehingga dia berusia 36 tahun pada 2020.

Chung tidak menjelaskan apakah pesan itu secara tertulis atau termasuk hal selain ucapan ulang tahun.

"Pada Rabu (8/1), Chung juga bertemu Utusan Khusus AS untuk Korut Stephen Biegun dan menegaskan kembali koordinasi dekat AS-Korsel terkait Korut," papar juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Morgan Ortagus.

Keduanya juga membahas berbagai kejadian terbaru di Timur Tengah dan koordinasi mereka dalam isu keamanan global.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Korsel Kang Kyung-wha akan bertemu Menlu AS Mike Pompeo di California pekan depan, bersama Menlu Jepang Toshimitsu Motegi untuk membahas hubungan Korut-Korsel-Jepang.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2206 seconds (0.1#10.140)