Gempa Besar Guncang Filipina Selatan

Minggu, 15 Desember 2019 - 16:31 WIB
Gempa Besar Guncang Filipina Selatan
Gempa Besar Guncang Filipina Selatan
A A A
DAVAO - Survei Geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS menuturkan, gempa besar mengguncang wilayah Davao, Filipina. Menurut USGS, pusat gempa terletak di dekat pulau Mindanao.

"Gempa berkekuatan 6,8 itu berpusat 61 km barat daya Davao di pulau Mindanao, pada kedalaman 28,2 km," kata USGS dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (15/12/2019).

Sementara itu, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan, tidak ada ancaman tsunami dari gempa tersebut, berdasarkan data yang tersedia. Sejauh ini, tidak ada laporan adanya kerusakan bangunan atau korban gempa tersebut.

Wilayah yang sama diguncang oleh tiga gempa pada Oktober dan satu pada November. Gempa yang terjadi pada November setidaknya menewaskan lima orang.

Beberapa rekaman video muncul di Twitter menggambarkan dampak gempa tersebut. Salah satu video menunjukkan adanya sejumlah tiang listrik roboh, dengan kabel yang menjuntai.

Sama seperti Indonesia, Filipina juga berada di "Cincin Api" Pasifik yang secara geologis aktif dan sering mengalami gempa-gempa kecil. Selain gempa, FIlipina juga kerap terancam oleh badai dan angin topan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8100 seconds (0.1#10.140)