Morales Legowo Tidak Ikut Pemilu Presiden Bolivia

Sabtu, 16 November 2019 - 07:00 WIB
Morales Legowo Tidak Ikut Pemilu Presiden Bolivia
Morales Legowo Tidak Ikut Pemilu Presiden Bolivia
A A A
MEXICO CITY - Mantan Presiden Bolivia Evo Morales mengatakan pemilu presiden yang baru untuk negara di Amerika Selatan itu bisa dilakukan tanpa dirinya. Menurutnya, ketidakikutsertaan dirinya berpotensi menghilangkan hambatan untuk memilih pemimpin baru di negara Amerika Selatan yang berada dalam kekacauan pasca pengunduran dirinya.

"Demi demokrasi, jika mereka tidak ingin saya ambil bagian, saya tidak masalah untuk tidak ikut dalam pemilu baru," kata Morales dalam wawancaranya dengan Reuters di Mexico City, Sabtu (16/11/2019).

"Saya hanya ingin tahu mengapa ada begitu banyak ketakutan pada Evo," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden sementara Bolivia Jeanine Anez mengatakan ia ingin memperbaiki jembatan dengan partai Gerakan untuk Sosialisme (MAS) Morales.

Ia mengatakan, bagaimanapun, Morales sendiri tidak akan diterima sebagai kandidat dalam pemilu berikutnya. (Baca: Presiden Sementara Bolivia Larang Morales Ikut Pemilu )

Pemerintah sementara dan anggota parlemen MAS tampaknya telah mencapai kesepakatan untuk mengadakan pemilihan presiden baru, tetapi belum memilih seorang kandidat.

Tokoh veteran kelompok kiri itu mengatakan dia tidak tahu siapa yang akan menjadi kandidat MAS, menambahkan bahwa itu akan menjadi keputusan rakyat. Morales mengatakan dia ingin kembali ke Bolivia segera setelah pengunduran dirinya disetujui oleh legislatif Bolivia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6199 seconds (0.1#10.140)