Amerika Serikat Ajak India Turut Meningkatkan Tekanan pada Iran

Jum'at, 01 November 2019 - 19:01 WIB
Amerika Serikat Ajak India Turut Meningkatkan Tekanan pada Iran
Amerika Serikat Ajak India Turut Meningkatkan Tekanan pada Iran
A A A
NEW DELHI - Menteri Keuangan (Menkeu) Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin menggelar perundingan dengan para pemimpin India di New Delhi pada Jumat (1/11) sebagai bagian upaya menggalang dukungan untuk melawan Iran.

Pada pekan lalu, AS dan enam negara Teluk sepakat menerapkan sanksi gabungan terhadap 25 korporasi, perbankan dan individu terkait dukungan Iran pada jaringan militan termasuk Hezbollah.

Mnuchin yang ditemani penasehat senior dan menantu Trump, Jared Kushner, memulai tur regional sejak 25 Oktober menyinggahi Arab Saudi, Israel, Uni Emirat Arab (UEA), India dan Qatar.

"Di New Delhi, dia akan menggelar perundingan dengan Menkeu India Nirmala Sitharaman," ungkap sumber pejabat pemerintah India, dilansir Reuters. Tidak ada rincian tentang isu apa saja yang akan dibahas dalam pertemuan itu.

Anggota lain delegasi AS termasuk wakil menteri urusan internasional Brent McIntosh dan asisten menteri untuk pendanaan teroris dan kejahatan keuangan Marshall Billingslea.

India sejak lama merupakan pembeli minyak Iran. New Delhi menghentikan pembelian minyak Iran pada Mei seiring berlakunya kembali sanksi AS.

Kini pengilangan minyak India membeli lebih banyak minyak mentah dari beberapa pemasok, termasuk Meksiko. India juga telah menandatangani sejumlah kontrak baru dengan beberapa perusahaan AS.

Berbagai sanksi AS terhadap Iran kembali diberlakukan setelah Presiden Donald Trump membawa AS mundur dari kesepakatan nuklir Iran 2015.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3663 seconds (0.1#10.140)