Liga Arab Suarakan Keprihatinan atas Peningkatan Situasi di Irak

Selasa, 29 Oktober 2019 - 20:15 WIB
Liga Arab Suarakan Keprihatinan atas Peningkatan Situasi di Irak
Liga Arab Suarakan Keprihatinan atas Peningkatan Situasi di Irak
A A A
KAIRO - Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit menyuarakan keprihatinan dan penyesalan atas meningkatnya kekerasan di Irak. Puluhan orang tewas akibat demonstrasi yang berlangsung selama berminggu-minggu di Irak.

"Krisis saat ini membutuhkan pengendalian diri dan semua tindakan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan rakyat," ucap Abdoul Gheit dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua pada Selasa (29/10/2019).

Abul Gheit kemudian mendesak semua warga Irak untuk bekerja sama untuk mengatasi krisis dan untuk mempertahankan hasil yang dicapai oleh pemerintah pada tahun-tahun terakhir di semua tingkatan.

"Liga Arab siap untuk mengambil tanggung jawabnya mengenai Irak dan rakyatnya dan untuk mengadopsi apa yang diperlukan untuk menjaga stabilitas negara," katanya.

Dia juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban, berharap pemulihan cepat bagi yang terluka.

Awal bulan ini, protes besar-besaran meletus di di Baghdad dan provinsi-provinsi lain di pusat dan selatan, menyerukan reformasi, pertanggungjawaban bagi orang-orang yang korup, peningkatan layanan publik, dan kesempatan kerja.

Pemerintah Irak telah menanggapi dengan menghadirkan paket-paket reformasi yang bertujuan memberikan kesempatan kerja, membangun kompleks perumahan, membayar tunjangan kepada orang miskin dan meningkatkan perang melawan korupsi.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5826 seconds (0.1#10.140)