Trump: Saya Tidak Berpihak dengan Siapapun di Suriah

Selasa, 08 Oktober 2019 - 22:31 WIB
Trump: Saya Tidak Berpihak...
Trump: Saya Tidak Berpihak dengan Siapapun di Suriah
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan bahwa AS tidak berpihak kepada siapapun di Suriah. Ini adalah bentuk pembelaan Trump terhadap keputusannya menarik mundur pasukan dari Suriah.

"Saya tidak berpihak pada siapa pun. Kami sudah berada di Suriah selama bertahun-tahun. Suriah seharusnya menjadi sasaran jangka pendek. Kami seharusnya masuk dan keluar," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Trump, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (8/10/2019), kemudian mengatakan dia memiliki hubungan yang baik dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Sebelumnya, keputusan Trump untuk menarik pasukan AS dari Suriah menjelang operasi militer Turki dikecam para politisi Parlemen dari Demokrat dan Republik. Keputusan itu dianggap berbahaya dan bentuk pengkhianatan Amerika terhadap sekutunya, Kurdi.

"Keputusan presiden untuk menarik pasukan AS dari Suriah utara adalah perkembangan yang sangat mengganggu yang mengkhianati sekutu Kurdi kami yang telah menjadi mitra penting dalam misi kami untuk memberantas ISIS," kecam Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, Nancy Pelosi.

"Terlepas dari apa yang mungkin dikatakan oleh presiden, ISIS tetap merupakan ancaman serius. Keputusan sembrono dan keliru ini melemahkan upaya para anggota layanan kami yang berani dan sekutu kami untuk mengakhiri tirani ISIS," sambungnya.

Senator Lindsey Graham, yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu pendukung Trump yang paling kuat, ikut mengecam keputusan presiden Trump.

Sentimen Graham juga digaungkan oleh Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell, yang mengatakan penarikan pasukan AS secara cepat dari Suriah hanya akan menguntungkan Rusia, Iran, dan rezim Bashar al-Assad.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0088 seconds (0.1#10.140)