Presiden Jerman Minta Maaf atas Kejahatan di PD II

Minggu, 01 September 2019 - 11:53 WIB
Presiden Jerman Minta Maaf atas Kejahatan di PD II
Presiden Jerman Minta Maaf atas Kejahatan di PD II
A A A
WARSAWA - Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier meminta maaf kepada Polandia saat acara peringatan Perang Dunia II di kota Wielun. Kota Wielun adalah lokasi pertama bom dijatuhkan pada Perang Dunia II.

"Saya menundukkan kepala saya di depan para korban serangan terhadap Wielun. Saya menundukkan kepala saya di hadapan para korban Polandia dari tirani Jerman. Dan saya meminta maaf," kata Steinmeier, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (1/9).

Perang Dunia II dimulai dengan Nazi Jerman menginvasi Polandia pada 1 September 1939. Pada 17 September, setelah pemerintah Polandia meninggalkan negara itu, tentara Uni Soviet melintasi perbatasan timur negara itu, yang akhirnya membagi Polandia menjadi dua bagian, dengan salah satu dari mereka dikontrol oleh Jerman, dan yang lainnya oleh Uni Soviet.

Pada bulan Maret, Polandia mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) yang mengkriminalkan tuduhan terhadap Jerman atas keterlibatan dalam kejahatan perang selama Perang Dunia II, termasuk Holocaust.

Undang-undang ini bertujuan untuk menghilangkan misattribution publik tanggung jawab atas kejahatan Nazi ke Polandia. Undang-undang itu dikritik oleh sejumlah negara, yang berpendapat bahwa itu mendistorsi fakta sejarah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4576 seconds (0.1#10.140)