Zarif: Iran Tidak akan Memulai Perang

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:24 WIB
Zarif: Iran Tidak akan Memulai Perang
Zarif: Iran Tidak akan Memulai Perang
A A A
TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, Iran tidak akan pernah memulai perang dengan pihak manapun, termasuk di dalamnya Amerika Serikat (AS) di Teluk Persia.

Berbicara saat melakukan kunjungan ke Ibu Kota Norwegia, Oslo, Zarif menuturkan meski tidak akan memulai perang, namun Iran akan sekuat tenaga mempertahankan diri jika akhirnya diserang.

"Apakah akan ada perang di Teluk? Saya dapat memberitahu Anda bahwa kami tidak akan memulai perang, tapi kami akan mempertahankan diri," kata Zarif dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (22/8).

Zarif saat ini sedang melakukan tur di negara-negara Skandinavia dalam upaya untuk melanjutkan dialog tentang masalah-masalah regional. Sebelum mengunjungi Norwegia, Zarif telah mengunjungi Finlandia dan Swedia.

Sebelumnya, Zarif memperingatkan AS agar tidak berusaha membentuk koalisi Angkatan Laut melawan Iran dengan kedok untuk memastikan keamanan maritim di Teluk Persia.

Berbicara saat melakukan wawancara dengan NBC News, Zarif mengatakan, akan menjadi sebuah kesalahan yang fatal jika ada negara di luar kawasan yang mencoba membentuk koalisi militer, dengan tujuan untuk menghalau Iran untuk mendapatkan berbagai keuntungan di kawasan ini.

"Jika negara-negara dari luar wilayah ingin datang ke wilayah ini untuk mengganggu keamanan kita, untuk menciptakan aliansi militer melawan Iran, untuk menciptakan koalisi yang mengharapkan Iran untuk tidak mendapat manfaat dari kenyataan bahwa kami adalah negara di kawasan ini, maka mereka membuat kesalahan perhitungan yang serius," ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5664 seconds (0.1#10.140)