Planet dengan 3 Matahari Ini Mungkin Tempat Kehidupan di Luar Bumi

Senin, 29 Juli 2019 - 08:57 WIB
Planet dengan 3 Matahari Ini Mungkin Tempat Kehidupan di Luar Bumi
Planet dengan 3 Matahari Ini Mungkin Tempat Kehidupan di Luar Bumi
A A A
WASHINGTON - Sebuah planet yang baru ditemukan dengan tiga Matahari menarik perhatian para ilmuwan karena kedekatannya dengan Bumi. Planet yang diberi nama kode LTT 1445Ab ini juga kemungkinan menjadi tempat kehidupan lain di luar Bumi.

Lantaran dekat dengan Bumi, planet itu jadi objek potensial untuk observasi di masa depan.

LTT 1445Ab berjarak 22,5 tahun cahaya dengan Bumi dan ditemukan dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA, tim yang mencari exoplanet.

Ukurannya diperkirakan sepertiga lebih besar dari Bumi. Namun memiliki massa sekitar delapan kali dari massa planet Bumi dan suhunya sekitar 320 derajat Fahrenheit.

"Jika Anda berdiri di permukaan planet itu, ada tiga Matahari di langit, tetapi dua di antaranya cukup jauh dan terlihat kecil," kata co-author penelitian Jennifer Winters kepada New Scientist yang dikutip Senin (29/7/2019).

"Mereka seperti dua mata merah, tidak menyenangkan di langit," lanjut dia.

Karena kedekatannya dengan Bumi, LTT 1445Ab dapat digunakan untuk mencari tanda-tanda potensial kehidupan alien.

Para ilmuwan berpikir planet ini berpotensi memiliki atmosfer, dan mereka dapat memeriksa area untuk gas seperti karbon dioksida menggunakan alat deteksi baru yang siap dalam waktu dekat. LTT 1445AB akan menghadirkan banyak peluang untuk pengamatan karena orbitnya yang cepat di sekitar Matahari.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5691 seconds (0.1#10.140)