Venezuela Tuduh AS Lakukan Pelanggaran Wilayah Udara

Minggu, 28 Juli 2019 - 14:27 WIB
Venezuela Tuduh AS Lakukan Pelanggaran Wilayah Udara
Venezuela Tuduh AS Lakukan Pelanggaran Wilayah Udara
A A A
CARACAS - Venezuela menuduh Amerika Serikat (AS) melakukan pelanggara wilayah udara. Insiden ini terjadi seminggu setelah insiden serupa di mana Washington menyalahkan Venezuela karena secara tidak profesional mendekati dan secara agresif membayangi pesawat mata-matanya di Karibia.

"Sebuah pesawat pengintai Lockheed EP-3 melanggar wilayah udara Venezuela di dekat kota pantai Maiquetía sekitar pukul 10:58 Sabtu, dan mengelilingi daerah itu selama lebih dari 3 jam," kata Komando Strategis Operasional Angkatan Bersenjata Nasional Bolivarian (CEOFANB) dalam tweetnya, menambahkan dengan memberikan diagram penerbangan.

CEOFANB mengatakan kontrol lalu lintas udara negara berusaha untuk berkomunikasi dengan pengganggu. "Tetapi tidak menerima respons yang efektif," imbuhnya seperti dikutip dari RT, Minggu (28/7/2019).

Tidak diketahui apakah Venezuela mengirimkan pesawat tempur atas kejadian ini, dan pihak AS belum mengeluarkan komentar atas insiden tersebut.

Sebelumnya minggu lalu, insiden serupa membuat AS menuding Venezuela melakukan pendekatan tidak aman terhadap pesawat tempur Su-30 Venezuela yang agresif. Media bahkan menyalahkan Rusia atas dukungannya untuk Caracas yang disebut tidak bertanggung jawab.

AS menyatakan bahwa semua pesawatnya beroperasi secara ketat di wilayah udara internasional, sementara Venezuela menegaskan bahwa jet tempur AS melanggar wilayah udaranya setidakna pada 78 kesempatan sepanjang tahun ini saja. Tentara Venezuela mengecam serangan terbaru sebagai "pelanggaran terus terang" yang melanggar semua perjanjian internasional.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6432 seconds (0.1#10.140)