Kembangkan SDM, NTT Kerjasama dengan Sejumlah Negara

Rabu, 24 Juli 2019 - 16:34 WIB
Kembangkan SDM, NTT...
Kembangkan SDM, NTT Kerjasama dengan Sejumlah Negara
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef Nae Soi menuturkan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan sejumlah negara dalam bidang pelatihan sumber daya manusian (SDM). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM di NTT.

"Kami sudah kerjasama dengan Universitas Taiwan, dengan Universitas Jepang, minggu depan kami akan kirim 20 orang ke Jepang. Kemudian kami juga kerjasama, sekarang sedang dirintis dengan Norwegia, kemudian dengan Austalia. Kami sedang rintis dengan Belanda dan Jerman, sekolah di sana kan gratis. Tetapi kesulitan kita, kita harus mempersiapkan anak-anak tentang bahasa, jadi harus mempersiapkan diri benar-benar," ucapnya pada Rabu (24/7).

Dia menuturkan, pemerintah NTT bertekad, untuk untuk mengubah cara berpikir anak-anak muda NTT, salah satunya adalah harus belajar keluar. Josef menyebut, jika hanya pengetahuan di dalam negeri juga hebat.

"Tapi untuk mengubah cara berpikir, untuk mempengaruhi tingkah laku kita ini harus secara motorik, kita harus adaptasi di luar. Kami dari NTT, penggerak kita adalah pariwisata, oleh sebab itu kita mengirim anak-anak kita keluar negeri. Pertama adalah bagaimana belajar manajemen perhotelan, bagaimana meningkatkan pariwisata. Kalau berbicara mengenai pariwisata, berarti kita bicara mengenai 5 A, atraktifnya bagaimana, akomodasi, awarenes, dan aminities," ucapnya.

Josef kemudian menuturkan, selain mengirim anak-anak muda NTT ke luar negeri, pemerintah daerah juga telah mengundang para "trainer" untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak muda NTT.

Selain itu, papar Josef, pemerintah NTT juga akan terus meningkatkan di pendidikan, mulai dari SLTA, SMP, SD dan di vokasional, di sekolah-sekolah kejuruan kita tingkatkan. "Tidak hanya kita kirim keluar tapi, di dalam negeri juga kita memperkuat dasar pendidikan kita," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0757 seconds (0.1#10.140)