Dihantui Gempa Susulan, Pangkalan Senjata AL AS di California Ditutup

Minggu, 07 Juli 2019 - 02:22 WIB
Dihantui Gempa Susulan, Pangkalan Senjata AL AS di California Ditutup
Dihantui Gempa Susulan, Pangkalan Senjata AL AS di California Ditutup
A A A
CALIFORNIA - Kantor berita Amerika Serikat (AS), Fox News melaporkan, pangkalan senjata Angkatan Laut (AL) China Lake ditutup sejak Jumat untuk pemeriksaan keamanan menyusul gempa besar yang mengguncang wilayah California pertengahan pekan ini.

Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter terjadi pada hari Kamis di dekat kota Ridgecrest, sebuah komunitas dengan sekitar 29.000 penduduk di sebelah barat Gurun Mojave.

Baca Juga: Gempa Dahsyat M 6,4 Guncang California Selatan di Hari Kemerdekaan AS

Sehari kemudian, gempa berkekuatan 7,1 yang lebih dahsyat melanda wilayah yang sama, menyebabkan kerusakan, kebocoran gas, dan kegagalan komunikasi dan daya.

Baca Juga: Gempa Besar Kembali Guncang California Selatan, Kali Ini Magnitudo 7,1

Sementara itu, laporan media AS mengutip seismolog dari CalTech bahwa lebih banyak gempa bumi mungkin terjadi, karena yang sebelumnya mungkin menjadi bagian dari rangkaian yang berkelanjutan.

Pangkalan senjata Angkatan Laut AS, China Lake, sendiri terletak hanya 150 mil jauhnya dari pusat gempa. Meskipun tidak ada laporan korban jiwa atau cedera, belum ada informasi langsung tentang kemungkinan kerusakan material.

Tim yang melakukan inspeksi termasuk personil dari US Geological Survey dan California Geological Survey. Pangkalan dijadwalkan akan ditutup sampai jam 5 pagi pada hari Senin, 8 Juli seperti disitir dari Sputnik, Minggu (7/7/2019).

Fasilitas ini mendukung misi penelitian, pengujian dan evaluasi angkatan laut dan merupakan rumah bagi Divisi Senjata Pusat Perang Angkatan Udara, dua skuadron pengujian dan evaluasi udara serta Detasemen Penerbangan, di antara unit-unit lainnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4246 seconds (0.1#10.140)