Sensasi Meluncur 126 Km per Jam dalam 2 Detik

Jum'at, 05 Juli 2019 - 08:14 WIB
Sensasi Meluncur 126 Km per Jam dalam 2 Detik
Sensasi Meluncur 126 Km per Jam dalam 2 Detik
A A A
GURNEE - Roller coaster pada umumnya bergerak perlahan sesaat setelah lepas landas sebelum meluncur dengan kecepatan tinggi di sebuah turunan.

Namun sebuah taman hiburan keluarga di Amerika Serikat (AS) memiliki roller coaster terbaru berteknologi tinggi yang dapat menggalang kecepatan atau akselerasi dari 0 hingga 126 km per jam hanya dalam waktu dua detik sejak start.

Roller coaster yang dijuluki Maxx Force tersebut baru di bu ka untuk umum kemarin di taman hiburan Six Flags Great America yang berlokasi di Gurnee, Illinois, Chicago, AS. Maxx Force tepatnya berada di area tematik Carousel Plaza dan merupakan roller coaster ke-17 yang beroperasi di taman hiburan tersebut.

Para pelanggan Six Flags Great America yang memiliki kartu anggota dapat menaiki Maxx Force lebih awal dari pada pengunjung lain selama event Membership Appre ciation Day.

“Maxx Force merupakan sebuah langkah revolusioner dan membawa inovasi Six Flags Great America ke ting kat yang lebih ekstrem,” ujar Presiden Six Flags Great America, Park Hank Salemi, seperti dikutip CNN. Salemi menambahkan, Maxx Force merupakan roller coaster dengan akselerasi tercepat di Amerika Utara.

Maxx Force menggunakan teknologi bertenaga angin yang dapat melontarkan roller coaster lebih cepat dari pada teknologi sebelumnya. Manajer Komunikasi Six Flags Great America, Caitlin Kepple, mengatakan roller coaster ini memiliki puncak inversi berbentuk jalur melingkar yang tertinggi di dunia, yakni 53 meter di atas permukaan tanah.

“Perputaran baliknya juga tercepat di dunia dengan kecepatan maksimum 96,5 km per jam. Setiap coaster juga dimodifi kasi seperti mobil Formula One,” ujar Kepple. Marcus Leshock, jurnalis dari media WGN9, salah satu afiliasi CNN, yang berkesempatan menaiki Maxx Force mengaku mengalami adrenalin tinggi.

“Ini benar-benar kepuasan yang tidak ada duanya,” katanya. Senada dengan Leshock, Youtuber Patrick Lindich dari Dyer, Indiana, AS, menilai Maxx Force sungguh fantastis. “Saya dapat merasakan angin berembus kencang di wajah saya, tekanan dari akselerasinya terasa sampai ke dada.

Sua ranya juga bising seperti sebuah ledakan ketika angin pendorong dilepaskan untuk lepas landas,” tuturnya. Lindich juga menilai inversi roller coaster terbaru Six Flags Great America terlewati sangat cepat, bahkan lebih cepat dari roller coaster yang lain.

Semuanya berjalan dengan mulus. Tapi, dengan ke cepatan tinggi, penumpang hanya menaiki roller coaster itu kurang dari 30 detik. Berbanding terbalik dengan waktu mengantre yang bisa hingga satu jam. “Para pengunjung mungkin akan kecewa karena naik hanya dalam waktu singkat,” kata Lindich.

“Tapi saya lihat ada banyak orang yang memberikan bintang lima terhadap roller coaster ini.” Maxx Force dirancang oleh S&S Sansei Technologies, perusahaan pembuat roller coaster dunia.

Adapun Six Flags Great America adalah anak perusahaan Six Flags Entertainment Corp yang menaungi 26 taman hiburan ke luar ga di AS, Meksiko, dan Kanada. Bagaimanapun Maxx Force bukanlah roller coaster dengan akselerasi tercepat didunia.

Jepang telah memiliki roller coaster yang lebih cepat bernama Dododonpa ditaman im pian Fuji-Q Highland, Tokyo Timur. Dododonpa dilaporkan dapat bergerak dari 0 sampai 180 km per jam dalam hitungan satu detik atau lebih sedikit. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3918 seconds (0.1#10.140)