China Dukung Tindakan Hong Kong Atasi Aksi Demonstrasi

Jum'at, 14 Juni 2019 - 00:49 WIB
China Dukung Tindakan...
China Dukung Tindakan Hong Kong Atasi Aksi Demonstrasi
A A A
BEIJING - Pemerintah China berpandangan, aksi demonstrasi di Hong Kong adalah aksi kerusuhan yang dimaksudkan untuk merusak stabilitas negara tersebut. Beijing menyatakan mendukung penuh tindakan yang diambil pemerintah Hong Kong dalam hal ini.

"Apa yang terjadi di daerah Admiralty bukanlah sebuah demonstrasi damai, tetapi sebuah kerusuhan yang diselenggarakan oleh sebuah kelompok," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang.

"Kami mendukung tindakan yang diambil pemerintah Hong Kong dalam menangani situasi ini, sesuai dengan hukum," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Jumat (14/6).

Sebelumnya, Hong Kong pada Kamis menutup kantor-kantor pemerintah di jantung kota setelah aksi protes massa terhadap RUU Ekstradisi yang kontroversial. RUU itu akan memungkinkan ekstradisi warga Hong Kong ke daratan China.

Komisaris Polisi Hong Kong, Stephen Lo He mengatakan, aksi demonstrasi yang berlangsung pada Rabu awalnya berlangsung damai. Tapi, perlahan-lahan berubah menjadi kerusuhan, setelah demonstran melakukan apa yang dia sebut tindakan keras secara teroganisir.

Stephen mengatakan, pihaknya telah menangkap 11 orang, yang diduga sebagai pemicu kerusuhan. Dia lalu mengatakan, setidaknya 22 anggota polisi terluka akibat kerusuhan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7859 seconds (0.1#10.140)