Rouhani: AS Harus Kembali 'Normal', Baru Kita Berbicara

Senin, 03 Juni 2019 - 17:46 WIB
Rouhani: AS Harus Kembali Normal, Baru Kita Berbicara
Rouhani: AS Harus Kembali 'Normal', Baru Kita Berbicara
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, Amerika Serikat (AS) harus kembali menjadi negara normal, sebelum berbicara dengan Iran. Hal ini adalah respon atas pernyataan yang dibuat oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

"Sisi lain yang meninggalkan meja perundingan dan melanggar perjanjian harus kembali ke keadaan normal," kata Rouhani dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (3/6).

"Musuh kadang-kadang mengatakan, mereka memiliki syarat untuk negosiasi dengan Iran, tetapi dalam beberapa minggu terakhir mereka mengatakan mereka tidak memiliki syarat. Mereka mengancam kita seolah-olah mereka adalah negara adikuasa militer, tetapi sekarang mereka mengatakan mereka tidak mencari perang," sambungnya.

Sebelumnya diwartakan, Pompeo menegaskan, Washington siap berdialog dengan Teheran tanpa syarat apapun.

Berbicara saat melakukan konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Swiss, Ignazio Cassis di Bern, Pompeo mengatakan, AS selalu siap untuk duduk satu meja dengan Iran kapanpun dan tanpa prasyarat.

"Kami siap untuk terlibat dalam percakapan tanpa prasyarat, kami siap untuk duduk bersama (dengan Iran)," ucap Pompeo. Namun, dia mengatakan Washington akan terus bekerja untuk membalikkan apa yang dia sebut dengan aktivitas memfitnah Iran di kawasan Timur Tengah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6395 seconds (0.1#10.140)