AS: Xi Jinping Langgar Janji Soal Laut China Selatan

Kamis, 30 Mei 2019 - 22:12 WIB
AS: Xi Jinping Langgar...
AS: Xi Jinping Langgar Janji Soal Laut China Selatan
A A A
WASHINGTON - Kepala Staf Gabungan Pentagon, Jenderal Joseph Dunford mengatakan, Presiden China, Xi Jinping telah melanggar yang dia utarakan kepada Barack Obama tahun 2016 lalu mengenai Laut China Selatan. Dunford lalu menyerukan aksi kolektif untuk meminta pertanggungjawaban Beijing.

Dunford, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (30/5), mengatakan, dia tidak menyerukan aksi militer terhadap China. Tetapi, dirinya menekankan bahwa ada kebutuhan untuk menegakkan hukum internasional.

"Musim gugur 2016, Xi Jinping berjanji kepada Obama bahwa mereka tidak akan melakukan militerisasi pulau-pulau itu. Jadi yang kita lihat sekarang adalah landasan pacu 10 ribu kaki, fasilitas penyimpanan amunisi, penyebaran rutin kemampuan pertahanan rudal, kemampuan penerbangan, dan sebagainya," ucap Dunford.

"Jelas sekali mereka telah meninggalkan komitmen itu. Laut Cina Selatan dalam penilaian saya bukan tumpukan batu," sambungnya, merujuk pada serangkaian terumbu dan singkapan yang telah diklaim, direklamasi dan diperluas untuk mengakomodasi pasukan militer dan pesawat besar oleh China.

Dia kemudian menegaskan diperlukan aksi bersama untuk membuat China kembali memenuji janji yang telah mereka buat. Dunford kembali menekankan, dirinya tidak menyarankan aksi militer, tapi dibutunkan sebuah langkah untuk meminta pertanggungjawaban China atas hal ini.

"Saya tidak menyarankan tanggapan militer. Apa yang perlu terjadi adalah tindakan kolektif yang koheren bagi mereka yang melanggar norma dan standar internasional. Mereka perlu dimintai pertanggungjawaban sedemikian rupa sehingga pelanggaran di masa depan terhalang," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0687 seconds (0.1#10.140)