AS dan UEA Teken Pakta Pertahanan Baru

Kamis, 30 Mei 2019 - 16:50 WIB
AS dan UEA Teken Pakta...
AS dan UEA Teken Pakta Pertahanan Baru
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Uni Emirat Arab (UEA) dilaporkan telah menandatangani dan mengumumkan implementasi pakta pertahanan baru. Perjanjian baru ini ditujukan untuk meningkatkan kerja sama militer kedua negara.

"Perjanjian Kerjasama Pertahanan (DCA) akan meningkatkan koordinasi militer antara AS dan UEA, lebih lanjut memajukan kemitraan militer, politik, dan ekonomi yang sudah kuat pada saat yang kritis," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

"DCA akan meningkatkan minat itu dengan mendorong kolaborasi yang lebih dekat dalam masalah pertahanan dan keamanan dan mendukung upaya kedua negara untuk menjaga keamanan di kawasan Teluk," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (30/5).Baik Abu Dhabi dan Washington, sejauh ini belum mau mengungkap rincian dari kesepakatan tersebut.

Kesepakatan ini diteken disaat kunjungan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton ke negara Teluk itu. Di mana ia bertemu dengan para pejabat tinggi, termasuk Putra Mahkota Abu Dhabi, Mohammed bin Zayed al-Nahyan dan Penasihat Keamanan Nasional UEA, Tahnoon bin Zayed Al Nahyan.

Kunjungan Bolton ke UEA sendiri datang ditengah meningkatnya ketegangan hubungan antara AS dan Iran. Saat ini, Washington tengah mencari dukungan dari negara-negara di kawasan untuk terus memberikan tekanan kepada Teheran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0869 seconds (0.1#10.140)