Animo Kontestan Muda Asia Tenggara Sangat Tinggi

Jum'at, 29 Maret 2019 - 23:43 WIB
Animo Kontestan Muda Asia Tenggara Sangat Tinggi
Animo Kontestan Muda Asia Tenggara Sangat Tinggi
A A A
MOSKOW - Sejak pendaftaran dibuka pada 2018, lomba fotografi Andrei Stenin International Press Photo Contes 2018 telah menarik minat banyak partisipan muda dari 80 negara di lima benua. Jumlahnya naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan waktu pertama kali kontes tersebut dimulai pada tahun 2014.

Kontestan asing terus tumbuh di setiap tahun. Pada tahun ini, selisih antara kontestan asing dan Rusia mencapai 63% berbanding 37%, naik dari tahun lalu yang hanya 52% berbanding 48%. Jumlah fotografer dari Asia Tenggara juga meningkat, baik dari Vietnam, Kamboja, Malaysia, Singapura, Filipina, ataupun Indonesia.

Jumlah kontestan terbanyak berasal dari India yang bersaing ketat dengan Iran dan Spanyol. Kepala Visual Projects Service Rossiya Segodnya United Photo Information Directorate, Oksana Oleinik, mengaku terkesima dengan representasi geografi dan kualitas amat tinggi karya yang dilombakan para kontestan.

“Setiap tahun, jurnalis foto dari negara baru selalu saja ada yang ambil bagian dalam kontes ini, tak terkecuali pada tahun ini,” ujar Oleinik dalam keterangan pers.

“Negara itu meliputi Bhutan, Bolivia, Yaman, Luxemburg, Mauritius, Papua New Guinea, Pulau solomon, Somalia, Sudan, dan Ethiopia,” tambahnya.

Oleinik menambahkan, dia sudah tak sabar menantikan hasil akhir keputusan para juri dan mendoakan semuanya mendapatkan hasil yang terbaik. Dia menilai para juri akan kerepotan dalam menentukan sang juara pada April akibat melimpahnya karya-karya dengan kualitas bagus di berbagai macam kategori.

Kontestan yang terpilih sebagai juara akan diumumkan di situs web stenincontest.ru pada 13 Juni mendatang. Penyerahan hadiah akan digelar di Moskow, Rusia, pada musim gugur. Juara pertama akan meraih 100 ribu ruble (Rp21 juta), juara kedua 75 ribu ruble (Rp15 juta), dan juara ketiga 50 ribu ruble (Rp10 juta).
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6295 seconds (0.1#10.140)