Diselamatkan, Migran Malah Bajak Kapal Menuju Malta

Kamis, 28 Maret 2019 - 04:37 WIB
Diselamatkan, Migran Malah Bajak Kapal Menuju Malta
Diselamatkan, Migran Malah Bajak Kapal Menuju Malta
A A A
ROMA - Ratusan migran telah membajak sebuah kapal dagang yang menyelamatkan mereka di lepas pantai Libya dan sekarang menuju Malta. Hal itu diungkapkan Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini dan pemerintah Malta.

Sebanyak 108 migran itu diselamatkan oleh kapal kargo Elhiblu 1. Mereka kemudian membajak kapal itu ketikan mengetahui mereka akan di bawa kembali ke Libya. Begitu laporan media Italia Corriere della Sera dan kantor-kantor berita Italia.

"Ini bukan migran dalam kesusahan, mereka bajak laut, mereka hanya akan melihat Italia melalui teleskop," kata Salvini, yang telah menindak imigran ilegal, termasuk menutup pelabuhan Italia untuk kapal amal, sejak ia menjabat pada Juni tahun lalu seperti dikutip dari Sydney Morning Herlad, Kamis (28/3/2019).

"Ini jelas merupakan kasus kejahatan terorganisir," kata Salvini di Facebook. "Pelabuhan kami tetap tertutup," tegasnya

Seorang juru bicara angkatan bersenjata Malta mengkonfirmasi bahwa kapal itu telah dibajak dan mengatakan pihak berwenang sedang memantau perkembangannya. Kapal itu tidak akan diizinkan untuk berlabuh di Malta.

Salvini, pemimpin partai Liga sayap kanan, telah menjadi pusat dari beberapa pertikaian internasional atas penolakannya untuk membiarkan kapal-kapal kemanusiaan berlabuh di Italia.

Bulan ini parlemen menolak permintaan jaksa penuntut untuk menyelidikinya atas sebuah kasus penculikan pada bulan Agustus ketika dia memblokir sebuah kapal penjaga pantai Italia dengan 150 migran berlabuh selama hampir satu minggu dari Sisilia sebelum akhirnya membiarkannya merapat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7061 seconds (0.1#10.140)