Ikan Mola mola Raksasa Terdampar di Pantai Australia Selatan

Kamis, 21 Maret 2019 - 10:34 WIB
Ikan Mola mola Raksasa Terdampar di Pantai Australia Selatan
Ikan Mola mola Raksasa Terdampar di Pantai Australia Selatan
A A A
ADELAIDE - Foto seekor ikan aneh raksasa terdampar di pantai Australia selatan mendadak viral. Ikan yang diidentifikasi oleh para ahli sebagai ikan sunfish atau mola mola itu pertama kali ditemukan oleh sekelompok nelayan yang tengah mengemudi di sepanjang pasir pantai.

Linette Grzelak yang memposting foto-foto ikan tersebut di Facebook mengatakan pada awalnya para nelayan mengira ikan sepanjang 1,8 meter itu sepotong kayu apung yang besar

"Saya tidak mengira itu nyata sampai saya mencari sunfish (mola-mola) di Google," katanya seperti dikutip dari BBC, Kamis (21/3/2019).

Grzelak mengatakan rekannya Steven Jones telah bekerja sebagai nelayan selama bertahun-tahun dan dia tahu ikan apa itu tetapi belum pernah melihatnya di kehidupan nyata.

"Karena itu mengapa mereka mengambil foto. Dia mengatakan itu sangat berat dan kulitnya kesat dan kasar seperti badak," ungkapnya.

Ikan itu ditemukan di Taman Nasional Coorong, 80 km selatan kota Adelaide. Grzelak meyakini ikan itu kemudian tersapu kembali ke laut.

Menurut database Fishes of Australia ocean sunfish atau mola mola adalah spesies ikan bertulang terberat di dunia dan dapat ditemukan di perairan laut sedang secara global.

Ciri-cirinya termasuk kepala besar, tumpul, mulut kecil yang tidak proporsional, dan sirip punggung panjang serta sirip dubur.

Seorang pakar mengatakan ikan yang ditemukan itu tampaknya merupakan contoh lebih kecil dari spesiesnya, yang dapat tumbuh lebih dari 4 meter dan berat lebih dari 2.500 kg.

"Ini mungkin ukuran rata-rata, mereka bisa mendapatkan hampir dua kali lebih besar dari itu," kata Ralph Foster dari Museum Australia Selatan kepada Australian Broadcasting Corporation.

Spesies ini tidak berbahaya bagi manusia, tetapi kadang-kadang dikira sebagai hiu ketika mereka berenang di pantai, kata Australian Museum.

Di Australia, mereka diketahui menyebabkan kerusakan pada kapal karena ukurannya.

Tahun lalu, sebuah kapal dalam perlombaan Yacht dari Sydney ke Hobart harus dikandangkan dari balapan setelah mengenai mola mola dan mematahkan kemudi.

Awal bulan ini, seekor mola mola ikan forel yang langka tersapu di sebuah pantai di California. Ini membingungkan para ilmuwan yang mempertanyakan bagaimana spesies belahan bumi selatan telah melakukan perjalanan sejauh itu dari perairan asalnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3311 seconds (0.1#10.140)