Korut Gelar Pemilu Parlemen

Minggu, 10 Maret 2019 - 23:04 WIB
Korut Gelar Pemilu Parlemen
Korut Gelar Pemilu Parlemen
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) dilaporkan mengegelar pemilihan umum (pemilu) Parlemen. Warga Korut akan memilih 700 anggota untuk Majelis Rakyat Tertinggi, badan paling kuat di negara itu.

Melansir PressTV pada Minggu (10/3), pemilu yang digelar lima tahun sekali tersebut, dilakukan mulai siang hingga malam hari ini. Para kandidat, yang datang dari seluruh negara dan semua lapisan masyarakat, sebagian besar berasal dari Partai Buruh Korea yang dipimpin oleh pemimpin Korut, Kim Jong-un. Namun, beberapa dari mereka datang dari segelintir partai koalisi kecil lainnya.

Foto dan profil semua kandidat disediakan untuk pemilih sebelum hari pemilihan. Jika pemilih menyetujui seorang kandidat, mereka memberikan suara dengan nama mereka di dalam kotak di bilik suara. Jika tidak, mereka menggambar garis pada nama kandidat.

"Pemilu adalah peristiwa penting dalam lebih lanjut memperkuat pemerintah dan menunjukkan soliditas dan tak terkalahkan dari sistem sosialis di mana pemimpin, partai dan massa membentuk keseluruhan yang harmonis," kata media Korut, KCNA dalam laporan mereka.

"Sistem pemilihan Korut paling populer dan demokratis karena membuat semua warga negara mengambil bagian dalam pemilihan organ kekuasaan dengan hak yang sama," sambungnya.

Hari-hari pemilihan disambut meriah di Korut, dengan band-band memainkan musik ketika para pemilih menunggu dalam antrean. Jumlah pemilih diperkirakan akan mencapai 99 persen dari total jumlah warga Korut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6091 seconds (0.1#10.140)