Video Penyerahan Pilot India oleh Pakistan Dirilis

Sabtu, 02 Maret 2019 - 05:46 WIB
Video Penyerahan Pilot India oleh Pakistan Dirilis
Video Penyerahan Pilot India oleh Pakistan Dirilis
A A A
ISLAMABAD - Video pertama pilot India yang ditangkap Pakistan , Abhinandan Varthaman, melintasi perbatasan kembali ke negaranya setelah ia dibebaskan oleh otoritas Pakistan telah dirilis.

Dalam rekaman video itu, Abhinandan berjalan ke perbatasan yang dijaga ketat oleh perwira Pakistan, sebelum diserahkan secara damai kepada pasukan India, yang mengantarnya melintasi perbatasan dengan tangan di punggungnya. Komandan Wing Angkatan Udara India itu kemudian dibawa pergi dengan mobil polisi.

Rekaman yang dirilis oleh media Pakistan itu menunjukkan Varthaman berjalan melintasi perbatasan ke India, dekat kota Wagah, tepat sebelum jam 9 malam waktu setempat seperti dilansir dari Russia Today, Sabtu (2/3/2019).

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan membebaskan Abhinandan "sebagai isyarat perdamaian," dan ia menerima sambutan pahlawan ketika ia kembali ke India pada hari Jumat.

Pesawat tempur Komandan Wing Angkatan Udara India Abhinandan Varthaman ditembak jatuh di wilayah Kashmir yang disengketakan pada hari Rabu. Insiden itu terjadi setelah jet India menyerang yang diduga kamp pelatihan teroris di Pakistan sehari sebelumnya. Serangan itu sebagai balasan atas pemboman bunuh diri di India dua minggu sebelumnya.

Sementara pembebasan Abhinandan disambut di India, ketegangan tetap tinggi antara kedua kekuatan nuklir.

"Selama Pakistan terus menyembunyikan teroris, kami akan terus menargetkan kamp-kamp teror," kata Mayor Jenderal Angkatan Darat India Surendra Singh Mahal kepada wartawan pada hari Kamis.

Di bawah ini adalah video penyerahan Komandan Wing Angkatan Udara India Abhinandan Varthaman.

(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5794 seconds (0.1#10.140)