Lavrov: Rusia Mungkin Kirim Polisi Militer ke Perbatasan Suriah-Turki

Minggu, 24 Februari 2019 - 21:48 WIB
Lavrov: Rusia Mungkin...
Lavrov: Rusia Mungkin Kirim Polisi Militer ke Perbatasan Suriah-Turki
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, polisi militer Rusia dapat dikerahkan di zona penyangga, yang saat ini sedang dibuat di perbatasan antara Suriah dan Turki. Lavrov mengatakan bahwa pada tahun 1998, Turki dan Suriah menandatangani dokumen tentang pengaturan zona penyangga.

"Perjanjian ini menggambarkan perjanjian kerja sama dalam memberantas ancaman teroris di perbatasan bersama, termasuk kesempatan bagi pihak Turki untuk melakukan operasi di daerah perbatasan tertentu di wilayah Suriah," kata Lavrov, seperti dilansir Tass pada Minggu (24/2).

Lavrov menuturkan, format zona penyangga di perbatasan Suriah dan Turki masih dikoordinasikan untuk lebih mencerminkan sikap yang diambil oleh Damaskus dan Ankara tentang masalah ini.

"Saat ini, format terakhir dari zona penyangga ini sedang mengalami penyesuaian dengan partisipasi militer, dan, tentu saja, berkenaan dengan sikap Damaskus dan kemungkinan akun maksimum dari kepentingan Turki," ucapnya.

Namun, diplomat senior Rusia itu mengatakan bahwa kesepakatan itu tidak mempertimbangkan operasi militer bersama. "Faktanya, kami memiliki pengalaman dalam penempatan polisi militer Rusia untuk menemani perjanjian darat tentang gencatan senjata, langkah-langkah keamanan dan zona de-eskalasi," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0800 seconds (0.1#10.140)