Deklarasi Darurat Nasional AS: Trump Akan Veto Resolusi Demokrat

Sabtu, 23 Februari 2019 - 08:16 WIB
Deklarasi Darurat Nasional AS: Trump Akan Veto Resolusi Demokrat
Deklarasi Darurat Nasional AS: Trump Akan Veto Resolusi Demokrat
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, ia akan memveto resolusi yang dibawa oleh Partai Demokrat di DPR untuk menghentikan deklarasi darurat nasionalnya. Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa senator Partai Republik akan terus mendukung deklarasi darurat nasionalnya.

"Akankah saya memveto itu? 100 persen. 100 persen. Dan saya pikir resolusi itu tidak bisa bertahan dari veto. Kami memiliki terlalu banyak orang pintar yang menginginkan keamanan perbatasan, jadi saya tidak bisa membayangkan jika resolusi itu bisa bertahan dari veto, tetapi saya akan memveto. Ya," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih seperti dilansir dari The Hill, Sabtu (23/2/2019).

Ditanya terkait sikap Partai Republik di Kongres apakan akan mendukungnya, Trump menyatakan keyakinannya. "Saya pikir mereka akan mendukung," ujarnya.

"Semua orang tahu kami membutuhkan keamanan perbatasan. Kami membutuhkan tembok. Saya pikir itu adalah masalah yang sangat buruk bagi Demokrat," imbuhnya.

Partai Demokrat siap memperkenalkan resolusi di DPR pada hari Jumat lalu. Resolusi ini diperkirakan akan dengan mudah lolos mengingat Partai Demokrat menguasai DPR. Namun mereka memerlukan dukungan Partai Republik akan bisa melewati ruang Senat.

Ketua DPR Nancy Pelosi mendekan politisi Partai Demokrat untuk menandatangani resolusi tersebut. Teks resolusi itu menyatakan bahwa deklarasi Trump tentang keadaan darurat terkait perbatasan dengan ini dihentikan.

"Proklamasi deklarasi darurat Presiden Trump merusak pemisahan kekuasaan dan kekuasaan Kongres atas pendanaan, kekuasaan yang secara eksklusif diamanahkan oleh teks Konstitusi pada cabang pemerintahan pertama, cabang Legislatif, cabang yang setara dengan Eksekutif," tulis Pelocy.

Sementara Partai Republik yang mengontrol Senat, beberapa senatornya telah menyatakan keberatan tentang deklarasi darurat nasional Trump.

Senator Lindsey Graham memperkirakan pada hari Jumat bahwa "segelintir" senator dari Partai Republik akan mendukung resolusi itu untuk menghentikan deklarasi darurat Trump guna membangun tembok perbatasan AS-Meksiko yang telah lama diinginkannya.

"Beberapa. (Tetapi) akan ada cukup (meninggalkan orang) untuk mempertahankan veto," kata Graham kepada Fox News.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3789 seconds (0.1#10.140)