AS Gagal Bikin Senjata Pelindung Kapal Induk dari Torpedo

Kamis, 07 Februari 2019 - 04:40 WIB
AS Gagal Bikin Senjata Pelindung Kapal Induk dari Torpedo
AS Gagal Bikin Senjata Pelindung Kapal Induk dari Torpedo
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengakui proyek senjata yang sangat rahasia untuk melindungi kapal induk dari ancaman torpedo musuh berakhir dengan kegagalan. Padahal, proyek itu telah menghabiskan dana USD760 juta atau lebih dari Rp10,5 triliun.

Angkatan Laut AS telah memerangi torpedo atau bom self-propelled bawah laut yang telah menenggelamkan kapal perang selama lebih dari 100 tahun.

Kapal induk Angkatan Laut AS selama ini dianggap mewakili keajaiban teknologi karena merupakan "bandara terapung" yang digerakkan oleh reaksi nuklir. Namun, setelah bertahun-tahun melakukan tes rahasia, AS telah menyerah pada sebuah program senjata untuk melawan ancaman torpedo.

Angkatan Laut Amerika Serikat telah membatalkan proyek Anti-Torpedo Torpedo Defensive System dan akan menghapus sistem dari lima kapal induk yang benar-benar telah mereka instal. Demikian laporan Kantor Pentagon untuk Direktur Uji dan Evaluasi yang dirilis pada hari Selasa lalu.

"Pada September 2018, Angkatan Laut menghentikan usahanya untuk mengembangkan sistem (pertahanan permukaan kapal torpedo). Angkatan Laut berencana untuk mengembalikan semua operator ke konfigurasi normalnya selama ketersediaan perawatan selama empat tahun ke depan," bunyi laporan kantor tersebut dikutip Business Insider, Kamis (7/2/2019).

Laporan itu mengatakan selama lima tahun, program rahasia itu melibatkan beberapa proses dalam menemukan dan menjatuhkan torpedo musuh yang masuk, tetapi tidak cukup. Data tentang keandalan sistem tetap terlalu tipis atau sama sekali tidak ada.

Hal itu membuat kapal-kapal permukaan milik Angkatan Laut AS hampir tidak memiliki pertahanan terhadap senjata anti-permukaan terutama dari kapal selam. Tragisnya, armada kapal selam Rusia dan China telah berkembang pesat untuk membuat ancaman besar bagi kapal-kapal AS.

Pada akhir Perang Dingin, AS berbalik dari perang anti-kapal selam ke pertempuran melawan kapal-kapal permukaan. Tetapi sekarang, Rusia, China, dan Iran dilaporkan memiliki torpedo super-kavitasi, atau torpedo yang membentuk gelembung udara.

Kelas baru torpedo cepat tidak dapat dipandu, tetapi dapat menembak langsung ke arah kapal induk Angkatan Laut AS yang memiliki sedikit peluang untuk mendeteksi senjata tersebut.

Torpedo tidak menghantam secara langsung ke dalam kapal, melainkan menggunakan ledakan untuk membuat gelembung udara di bawah kapal dan berpotensi menekuk atau menghancurkan busur yang membuat kapal tersebut tenggelam.

Torpedo Rusia memiliki jangkauan 12 mil dan dapat zig-zag untuk mengalahkan tindakan balasan ketika mendekati sebuah kapal.

Mengutip laporan The Drive, AS telah menghabiskan USD760 juta untuk proyek senjata yang gagal.

Angkatan Laut AS dapat mengerahkan "nixies" atau umpan pembuat kebisingan yang diseret kapal di belakangnya untuk menarik torpedo, tetapi umpan itu harus mendeteksi torpedo yang masuk terlebih dahulu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5761 seconds (0.1#10.140)