AS Bantah Mulai Tarik Pasukan dari Afghanistan pada April

Rabu, 06 Februari 2019 - 22:04 WIB
AS Bantah Mulai Tarik Pasukan dari Afghanistan pada April
AS Bantah Mulai Tarik Pasukan dari Afghanistan pada April
A A A
WASHINGTON - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) membantah adanya kesepakatan dengan Taliban mengenai waktu penarikan pasukan AS di Afghanistan. Sebelumnya, Taliban menyebut kesepakatan itu dicapai dalam pembicaraan di Doha, Qatar, Januari lalu.

Seorang juru bicara kemlu AS mengatakan, pihaknya belum menyepakati batas waktu untuk menarik pasukan AS dari Afghanistan. Dia menuturkan, mereka akan melihat potensi perubahan terkait kehadiran militernya di Afghanistan, jika kondisi memungkinkan.

"Kami belum menyetujui jadwal waktu untuk kemungkinan penarikan pasukan dan tidak akan membahas perincian spesifik lain dari pembicaraan diplomatik," ucapnya, seperti dilansir Reuters pada Rabu (6/2).

Sebelumnya diwartakan,Abdul Salam Hanafi, seorang pejabat Taliban mengatakan, AS telah berjanji untuk menarik setengah dari pasukannya dari Afghanistan pada akhir April mendatang.

"Ya, Amerika mengatakan kepada kami (bulan lalu) bahwa mereka akan menarik setengah dari pasukan mereka dari awal Februari hingga akhir April," kata Hanafi.


Hanafi mengatakan, Washington dan Taliban juga sepakat bahwa semua pasukan asing pada akhirnya akan pergi, dan bahwa Afghanistan tidak akan pernah digunakan sebagai pangkalan untuk serangan ke AS. "Garis waktu (penarikan) akan dibahas pada pertemuan mendatang," ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5928 seconds (0.1#10.140)