Serangan Boko Haram Tewaskan 60 Orang di Nigeria

Sabtu, 02 Februari 2019 - 01:19 WIB
Serangan Boko Haram Tewaskan 60 Orang di Nigeria
Serangan Boko Haram Tewaskan 60 Orang di Nigeria
A A A
ABUJA - Sedikitnya 60 orang tewas akibat serangan kelompok Boko Haram di kota Rann, Nigeria timur laut pada awal pekan ini. Demikian laporan Amnesty International.

Serangan itu adalah salah satu yang paling berdarah dalam pemberontakan selama satu dekade kelompok itu. Itu terjadi dua minggu setelah Boko Haram menyerbu kota yang sama, mengusir tentara Nigeria dan menandai kemunculannya kembali sebagai kekuatan yang mampu merebut pangkalan militer.

"Serangan terhadap warga sipil yang telah terlantar akibat konflik berdarah ini bisa menjadi kemungkinan kejahatan perang, dan mereka yang bertanggung jawab harus dibawa ke pengadilan," kata Osai Ojigho, Direktur kelompok hak asasi manusia Nigeria, dalam pernyataan.

"Para saksi mengatakan kepada kami bahwa tentara Nigeria meninggalkan pos mereka sehari sebelum serangan, menunjukkan kegagalan pihak berwenang untuk melindungi warga sipil," imbuh Ojigho seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (2/2/2019).

Satu sumber keamanan mengatakan kepada Reuters pasukan Nigeria telah kembali ke Rann, serta pasukan Kamerun dari Satuan Tugas Gabungan Multi-Nasional, setelah serangan pertama pada 14 Januari lalu.

"Setelah pasukan Kamerun kembali melintasi perbatasan, tentara Nigeria pergi, karena mereka tidak memiliki cukup pasukan, senjata atau peralatan," kata sumber itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3802 seconds (0.1#10.140)