Awal Februari, AS Mulai Proses Penarikan Diri dari Perjanjian INF

Kamis, 17 Januari 2019 - 03:24 WIB
Awal Februari, AS Mulai Proses Penarikan Diri dari Perjanjian INF
Awal Februari, AS Mulai Proses Penarikan Diri dari Perjanjian INF
A A A
WASHINGTON - Washington berencana untuk memulai penarikan diri dari Perjanjian Nuklir Jarak Menengah atau INF pada 2 Februari mendatang dengan alasan Rusia tidak mematuhi perjanjian tersebut. Hal itu dikatakan oleh Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Kontrol Senjata dan Keamanan Internasional Andrea Thompson.

Proses penarikan AS dari perjanjian bilateral itu akan memakan waktu sekitar 6 bulan untuk menyelesaikan. Rusia akan memiliki jumlah waktu yang sama setelah penangguhan kewajiban AS berdasarkan perjanjian untuk membuktikan bahwa ia telah menghentikan dugaan pelanggarannya.

Dia menambahkan bahwa tidak ada kemajuan dalam menyelesaikan dugaan pelanggaran perjanjian yang telah dibuat selama pertemuan dengan perwakilan Rusia di Jenewa, karena Moskow gagal memberikan langkah-langkah yang dapat diverifikasi untuk menegakkan Perjanjian INF. Wakil menteri luar negeri AS itu menyampaikan harapan bahwa Rusia akan mengajukan rencana untuk kembali mematuhi perjanjian di Dewan NATO-Rusia minggu depan.

Thompson lebih lanjut mencatat bahwa setelah penarikan penuh, AS akan bebas untuk melakukan penelitian dan pengembangan persenjataan yang dilarang berdasarkan Perjanjian INF seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (17/1/2019).

Kedua pihak pada pembicaraan Jenewa baru-baru ini tentang masa depan Perjanjian INF tidak puas dengan pertemuan tersebut. Sisi Rusia mengecam perwakilan AS karena tiba di perundingan dengan posisi yang sudah direncanakan, yang membuat Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyatakan: "Anda melanggar perjanjian dan kami tidak".

Dia menambahkan bahwa Rusia telah mempresentasikan "proposal konstruktif" kepada AS, kemudian menjelaskan apa 9M729 itu - sistem rudal yang membuat Washington percaya bahwa Moskow melanggar perjanjian tahun 1987.

Pada awal Desember 2018, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa Washington akan menunda kepatuhannya terhadap perjanjian INF dalam waktu 60 hari kecuali Rusia kembali mematuhi sepenuhnya perjanjian tersebut.

Moskow secara konsisten membantah telah melanggar perjanjian 1987, menambahkan bahwa sistem rudal 9M729 yang AS tuntut mereka larang telah diuji oleh Rusia hanya pada rentang yang diizinkan di bawah perjanjian.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7000 seconds (0.1#10.140)