Kanada Keluarkan Peringatan Berkunjung ke China

Selasa, 15 Januari 2019 - 17:52 WIB
Kanada Keluarkan Peringatan Berkunjung ke China
Kanada Keluarkan Peringatan Berkunjung ke China
A A A
OTTAWA - Kanada dilaporkan mengeluarkan peringatan kepada warganya yang hendak atau berkunjung ke China. Kanada menyatakan, ada resiko serius penegakan hukum secara sewenang-wenang oleh otoritas China terhadap warga asing.

Pemerintah Kanada, seperti dilansir Al Jazeera pada Selasa (15/1), memperbarui imbauan perjalanannya ke China, dengan menyuruh warga Kanada untuk berhati-hati saat berada di negara itu.

"Adanya risiko penegakan hukum lokal yang sewenang-wenang dan menyoroti hukuman berat bagi pelanggaran narkoba, termasuk hukuman mati," bunyi imbauan perjalanan yang dirilis pemerintah Kanada.

Peringatan itu disampaikan Ottawa setelah pengadilan China dilaporkan telah menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang pria Kanada bernama Robert Lloyd Schellenberg karena penyelundupan narkoba. Vonis ini dijatuhkan setelah jaksa mengatakan hukuman 15 tahun yang diberikan kepadanya pada bulan November terlalu ringan.

Terkait vonis mati Schellenberg, Perdana Menteri, Justin Trudeau menuduh Beijing sudah menggunakan hukuman mati secara sewenang-wenang.

"Sangat mengkhawatirkan kami sebagai pemerintah, sebagaimana seharusnya bagi semua teman dan sekutu internasional kami, bahwa China telah memilih untuk mulai menerapkan hukuman mati secara sewenang-wenang seperti dalam kasus ini," kata Trudeau.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5155 seconds (0.1#10.140)