Maroko Tangkap Warga Swiss Terkait Pembunuhan Turis Skandinavia

Minggu, 30 Desember 2018 - 08:13 WIB
Maroko Tangkap Warga Swiss Terkait Pembunuhan Turis Skandinavia
Maroko Tangkap Warga Swiss Terkait Pembunuhan Turis Skandinavia
A A A
RABAT - Maroko menangkap seorang warga negara Swiss pada hari Sabtu sehubungan dengan pembunuhan dua wanita Skandinavia. Demikian pernyataan badan anti-terorisme negara itu.

Louisa Vesterager Jespersen (24) dari Denmark, dan Maren Ueland (28) dari Norwegia ditemukan tewas pada 17 Desember di dekat desa Imlil di Pegunungan Atlas.

"Pria yang ditangkap juga diduga terlibat dalam merekrut warga negara Maroko dan sub-Sahara untuk melakukan rencana teroris di Maroko terhadap target asing dan pasukan keamanan untuk merebut senjata mereka," kata Biro Pusat Investigasi Yudisial (BCIJ) yang dilansir dari Reuters, Minggu (30/12/2018).

Dikatakan tersangka juga memegang kewarganegaraan Spanyol dengan tempat tinggal di Maroko.

Sembilan belas pria lain telah ditangkap sehubungan dengan kasus ini, termasuk empat tersangka utama yang telah berjanji setia kepada Negara Islam dalam sebuah video yang dibuat tiga hari sebelum mayat para wisatawan ditemukan.

Juru bicara kepolisian dan intelijen domestik Boubker Sabik pekan ini menggambarkan keempat pria itu sebagai "serigala tunggal", dan mengatakan "kejahatan itu tidak dikoordinasikan dengan Negara Islam".

Baca Juga: Pembunuhan Dua Wanita Skandinavia, Maroko Ciduk 19 Tersangka

Dibandingkan dengan negara-negara lain di Afrika Utara, Maroko sebagian besar terisolasi dari serangan militan.

Yang terbaru terjadi pada April 2011, ketika 17 orang terbunuh dalam pemboman sebuah restoran di Marrakech. Pada 2017 dan 2018, Maroko mengatakan pihaknya membongkar 20 sel militan yang merencanakan serangan di negara itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6879 seconds (0.1#10.140)