Sulit Buang Hajat di Pesawat Luar Angkasa

Senin, 10 Desember 2018 - 12:59 WIB
Sulit Buang Hajat di Pesawat Luar Angkasa
Sulit Buang Hajat di Pesawat Luar Angkasa
A A A
AMERIKA - Salah satu hal yang banyak dipertanyakan saat berada di luar angkasa adalah bagaimana jika ingin buang hajat?

Ini memang bukan hal pertama yang ingin diketahui banyak orang ketika berada di luar angkasa, tapi hal ini kerap menjadi pertanyaan banyak orang.

Beberapa waktu lalu, saat wawancara dengan Business Insider, Peggy Whitson mengaku sangat senang bepergian ke luar angkasa, kecuali bagian ketika dia harus buang air besar.

Peggy yang membandingkan bepergian di luar angkasa seperti “kemah”, mengatakan buang air kecil di toilet Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah mudah. Namun, tidak dengan buang air besar. “Ini lebih menantang karena kami berusaha mencapai “target” yang cukup kecil,” terangnya.

Nantinya kotoran akan disegel di dalam kantong plastik, dibuang di tempat sampah, dan dibawa keluar pada hari berikutnya. Jika toilet ISS berfungsi normal, astronot harus turun tangan dengan memakai sarung tangan karet khusus dan mengepak kotoran tersebut ketika terlalu penuh.

Namun jika toilet sedang malafungsi, astronot harus menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan, yakni berurusan dengan kotoran “mengambang”.

Tiga tahun lalu, Al Jazeera posting wawancara video dengan astronot Samantha Cristoforetti asal Italia, yang menawarkan tur toilet ISS. Proses ini melibatkan penggunaan peralatan selang pengisap untuk menarik air seni atau kotoran setelah astronot meng gu nakan kamar mandi. (Susi Susanti)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4913 seconds (0.1#10.140)