Indonesia Dorong Venezuela Dukung Perjuangan Palestina

Kamis, 06 Desember 2018 - 14:09 WIB
Indonesia Dorong Venezuela...
Indonesia Dorong Venezuela Dukung Perjuangan Palestina
A A A
DENPASAR - Indonesia berharap agar Venezuela yang saat ini menjabat sebagai Ketua Gerakan Non Blok periode 2016-2019 mendukung perjuangan rakyat Palestina guna terciptanya negara Palestina yang berdaulat di bawah mekanisme solusi dua negara. Indonesia juga mendorong penyelesaian isu Palestina melalui forum internasional.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat bersua dengan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Venezuela Ruben Dario Monila di sela-sela acara Bali Democracy Forum (BDF) di Denpasar, Kamis (6/12/2018).

Dalam rilis yang diterima Sindonews, Retno juga memberikan penjelasan bahwa BDF merupakan forum internasional yang mempromosikan dan memperkuat kerja sama regional dan internasional dalam hal perdamaian serta demokrasi melalui dialog dan berbagi pelajaran yang baik.

Sementara Wamenlu Venezuela pada gilirannya menyampaikan informasi terkait perkembangan dalam negerinya dan upaya Pemerintah Venezuela untuk mengatasi kondisi dalam negerinya. Selain itu, Wamenlu Venezuela juga menyampaikan agar kerja sama kedua negara perlu ditingkatkan dan Pemerintah Venezuela telah menunjuk Duta Besar baru Venezuela untuk Indonesia guna mewujudkan hal tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Retno juga menyampaikan terima kasih kepada Venezuela atas dukunganbnnya bagi pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa periode 2019 – 2020.

Wamenlu Venezuela menghadiri BDF XI mewakili Venezuela sebagai negara Observer di Bali, Indonesia, yang akan digelar hingga esok, Jumat (7/12/2018). Wamenlu Venezuela merupakan pejabat tertinggi Venezuela yang pernah menghadiri BDF. Pemerintah Venezuela telah memberikan bantuan kemanusiaan sebesar USD4,9 juta (Rp 71 miliar) bagi korban bencana alam di Sulawesi Tengah, terutama Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong, dan Kabupaten Mamuju Utara, pada tanggal 28
September 2018.

Selain melakukan pertemuan dengan Menlu RI, Wamenlu Venezuela juga melakukan pertemuan dengan perwakilan negara lainnya yang hadir pada BDF XI.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9006 seconds (0.1#10.140)