Presiden Ukraina Desak NATO Kirim Kapal Perang

Kamis, 29 November 2018 - 09:46 WIB
Presiden Ukraina Desak NATO Kirim Kapal Perang
Presiden Ukraina Desak NATO Kirim Kapal Perang
A A A
KIEV - Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, mendesak NATO untuk mengirim kapal perang ke Laut Azov. Permintaan itu diajukan Poroshenko pasca konfrontasi angkatan laut Ukraina dengan Rusia di luar Crimea.

Hal itu diungkapkan Poroshenko dalam wawancara dengan surat kabar Jerman, Bild. Ia berharap kapal perang NATO dapat direlokasi untuk membantu Ukraina dan memberikan keamanan.

"Jerman adalah salah satu sekutu terdekat kami dan kami berharap bahwa negara-negara dalam NATO sekarang siap untuk merelokasi kapal-kapal laut ke Laut Azov guna membantu Ukraina dan memberikan keamanan," katanya seperti dikutip dari BBC, Kamis (29/11/2018).

Lebih jauh, Poroshenko menuding Presiden Rusia, Vladimir Putin, ingin menduduki Laut Azov

"Kami tidak bisa menerima kebijakan agresif Rusia ini. Pertama, Crimea, kemudian timur Ukraina, sekarang dia (Putin) menginginkan Laut Azov. Jerman juga harus bertanya pada dirinya sendiri: Apa yang akan dilakukan Putin selanjutnya jika kita tidak menghentikannya?" ucap Poroshenko.

NATO tidak segera menanggapi pernyataan terbaru Poroshenko.

Namun pada hari Senin, kepala NATO Jens Stoltenberg meminta Rusia untuk membebaskan kapal dan pelaut Ukraina dan mengatakan Moskow harus menyadari "konsekuensi dari tindakannya".

Ia mengatakan NATO akan terus memberikan dukungan politik dan praktis ke Ukraina, yang merupakan negara mitra NATO.

Baca Juga: NATO: Rusia Harus Bebaskan Kapal dan Tentara Ukraina

Pada hari Minggu, Rusia menembaki tiga kapal Ukraina dan menangkap awak mereka di Selat Kerch di antara Laut Hitam dan Laut Azov. Presiden Poroshenko pun telah menerapkan undang-undang darurat militer di wilayah perbatasan Ukraina selama 30 hari sebagai tanggapan atas krisis tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5982 seconds (0.1#10.140)