AS Tolak Beri Keringanan Sanksi pada UE

Senin, 05 November 2018 - 10:52 WIB
AS Tolak Beri Keringanan...
AS Tolak Beri Keringanan Sanksi pada UE
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo menyatakan, pihaknya akan memberikan keringanan kepada delapan negara terkait dengan sanksi kepada Iran. Namun, tidak ada satupun negara Uni Eropa (UE) yang masuk dalam daftar delapan negara itu.

Pompeo menyatakan, bentuk keringanan itu adalah, AS akan tetap membiarkan kedelapan negara itu membeli minyak dari Iran. Beberapa negara yang mendapat keringanan adalah Korea Selatan (Korsel), Jepang, dan India.

"Secara keseluruhan, delapan negara akan menerima keringanan sementara untuk memungkinkan mereka untuk terus mengimpor minyak Iran, setelah sanksi diberlakukan. UE bukan salah satu dari penerima keringanan," kata Pompeo, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (5/11).

"Mereka yang menerima keringanan telah membuat langkah penting menuju ke nol impor minyak mentah. Dua negara telah sepakat untuk mengurangi impor ke level nol, sementara enam negara lainnya akan mengimpor pada tingkat yang sangat kecil. Negosiasi ini masih berlangsung," ucapnya.

Sebelumnya, AS memutuskan akan memulihkan semua sanksi terhadap Iran yang sebelumnya dicabut di bawah kesepakatan nuklir 2015. Semua sanksi yang mulai berlaku 5 November tersebut menargetkan lebih dari 700 entitas dan individu.

Departemen Keuangan AS dalam pegumumannya hari Jumat lalu mengatakan, ratusan orang telah masuk black list (daftar hitam) sanksi. Menurut Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, jumlah itu termasuk orang-orang yang diberikan bantuan di bawah kesepakatan nuklir 2015, serta lebih dari 300 nama baru.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0786 seconds (0.1#10.140)