Felipe VI, Raja Spanyol yang Selalu Tampil Pesona

Senin, 29 Oktober 2018 - 08:45 WIB
Felipe VI, Raja Spanyol...
Felipe VI, Raja Spanyol yang Selalu Tampil Pesona
A A A
Usia Raja Spanyol Felipe VI memang sudah setengah abad. Namun, dia bisa mewakili gambaran raja masa kini yang tidak hanya piawai berdiplomasi, tetapi juga berpendidikan tinggi dan menyukai olahraga. Plus, ketampanan belum sirna dari wajahnya.

Felipe yang punya nama panjang Felipe Juan Pablo y Alfonso de Todos los Santos ini menjadi raja Spanyol empat tahun lalu menggantikan ayahnya, Raja Juan Carlos I, setelah sang ayah turun takhta.

Namanya diambil dari Philip V (1683- 1746), Raja Bourbon pertama dari Spanyol. Dikutip Reuters, seusai dilantik, Raja Felipe VI menyerukan agar rakyat Spanyol bersatu dalam keberagaman.

Sesuai konstitusi negara, Felipe adalah kepala negara dan panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Spanyol dan memainkan peran dalam mempromosikan hubungan positif dengan Hispanik Amerika dan bekas koloni Spanyol yang dianggap sebagai bangsa dari komunitas historisnya.

Felipe diangkat menjadi raja saat banyak orang Spanyol berjuang mengalami penghematan dan kesulitan ekonomi selama bertahun-tahun lamanya. Dikutip Independent, kala itu Felipe yang kelahiran Madrid, 30 Januari 1968, ini menghadapi tantangan ganda untuk merehabilitasi monarki yang tercoreng akibat skandal serta berbagai masalah ekonomi dan persatuan.

Sebagai putra mahkota, Felipe menerima banyak tugas dari ayahnya ketika kesehatan sang ayah menurun pada tahun-tahun terakhir pemerintahannya. Sejak 1996, dia telah mewakili Spanyol pada upacara pelantikan presiden di Amerika Latin. Pada 2011, dia melakukan lebih banyak tugas kerajaan daripada ayahnya, yakni total 253 tugas di Spanyol dan di luar negeri.

Mantan Atlet dan Penggemar Olahraga

Dikutip Straits Times , Raja Felipe VI masuk tim layar (sailing team) dalam Olimpiade di Barcelona pada 1992. Dia juga menjadi pembawa bendera negara itu pada upacara pembukaan. Saat itu dia dan timnya finis di posisi keenam.

Felipe yang bertubuh atletis dengan tinggi 197 cm juga penggemar klub sepak bola Athletico Madrid sekaligus olahraga basket. Dia menjadi pencinta Athletico Madrid sejak klub itu meraih Piala Copa del Generalisimo pada 1976.

Dia bahkan menjadi presiden kehormatan klub tersebut sejak 2003. Felipe juga gemar menonton kompetisi basket internasional tingkat Eropa, bahkan dunia. Di antaranya, dia tercatat pernah hadir di Euroleague Championship Game 2015.

Raja Felipe VI juga dikenal sebagai raja yang tekun sekolah di jalur akademisi maupun militer. Dia menempuh pendidikan di Santa Maria de los Rosales di Madrid, lalu melanjutkan ke Lakefield College School di Ontario, Kanada, sebelum kembali ke Spanyol untuk belajar hukum dan meraih gelar sarjana hukum di Autonomous University of Madrid.

Dia lulus pada 1993 dan melanjutkan mengejar gelar master dalam Hubungan Internasional di Georgetown University, Washington, selama dua tahun. Selain di bidang akademisi, Felipe juga memiliki prestasi di bidang militer.

Pada umur 9 tahun, dia diangkat menjadi Pangeran Asturias dan seorang prajurit kehormatan Kingís Immemorial Infantry Regiment. Dikutip BBC , pada 1985-1989, dia menjalani pelatihan perwira di Akademi Militer Spanyol.

Dia lulus sebagai pilot helikopter, letnan kolonel di Angkatan Darat dan Angkatan Udara, serta komandan fregat di Angkatan Laut. Sejak 2010, dia memimpin pertemuan para pemimpin angkatan bersenjata Spanyol.

Dia juga berpartisipasi dalam latihan militer dan dinobatkan sebagai perwira Akademi Militer Umum Zaragoza oleh keputus an kerajaan pada 1985 seusai menyelesaikan pelatihan sebelum bergabung dengan Escuela Naval Militar di Pontevedra dan Academia General del Aire di Murcia. Saat ini dia menjabat Kapten Jenderal Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut Spanyol.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8925 seconds (0.1#10.140)